BandungKlik – Logo branding pariwisata Wonderful Indonesia bakal “mejeng” di ajang balap motor MotoGP 2022. Hal ini dipastikan setelah ada kesepakatan kerja sama Kemenparekraf dengan tim balap Gresini Racing sebagai Racing Ambassador.

Tak hanya saat gelaran balap motor di Sirkuit Mandalika, kesepakatan berlangsung sepanjang musim 2022. Dengan begitu, logo ikonik pariwisata Indonesia ini akan “melesat” di seluruh sirkuit yang menggelar MotoGP 2022.

Kerja sama tersebut diharapkan menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata Indonesia agar kembali bangkit di tengah pandemi. Kolaborasi ini juga diharapkan meningkatkan performa pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga mendukung kebangkitan ekonomi Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno meyakini kerja sama tersebut akan memperluas jangkauan pasar merek dari nasional ke internasional dan berkontribusi pada kebanggaan bangsa.

“Maka dari itu, dengan kerja sama ini, citra branding pariwisata maupun pelaku industri nasional bisa semakin dikenal luas secara global,” kata Sandiaga, dikutip dari kemenparekraf.go.id, Rabu (9/2/2022).

Kemitraan yang terjalin, kata Sandiaga mengimbuhkan, juga menandakan kembalinya MotoGP ke Indonesia sejak terakhir jadi tuan rumah pada 1997. Indonesia menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022. Rencananya ajang bergengsi ini digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 18 – 20 Maret 2022.

Logo Wonderful Indonesia akan terpasang pada winglet atau sayap depan motor balap Desmosedici GP milik Gresini Racing musim MotoGP 2022. Dengan begitu, logo ini akan selalu terlihat di atas lintasan seiring dengan laju motor  pembalap Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio.

Gresini Racing

Dikelola oleh juara dunia kelas 125cc dua kali Fausto Gresini yang baru saja meninggal dunia, Gresini Racing telah berada di balap motor Grand Prix sejak 1997.

Ada lima gelar yang dimenangkannya pada 2001 bersama Daijiro Kato (250cc), 2010 Toni Elias (Moto2), 2018 Jorge Martin dan Del Conca Team Gresini (Moto3). Kemenangan lainnya bersama Matteo Ferrari (MotoE) dan total 61 kemenangan serta 186 naik podium.

Selain itu, ada runner-up MotoGP yang diraih selama tiga musim berturut-turut, yaitu 2003 dan 2004 bersama Sete Gibernau. Tahun 2005 bersama Marco Melandri dan tahun 2018 bersama Fabio Di Giannantonio (Moto3).

Gresini Racing juga menjadi rumah bagi juara berkaliber dunia, seperti Alex Barros, Loris Capirossi, Colin Edwards, dan Marco Simoncelli. *

Silakan baca: 

Istilah-Istilah di Area Sirkuit, Penggemar MotoGP Wajib Tahu

Tujuh Pantai di Sekitar Sirkuit Mandalika, Indah Memesona