BandungKlik – Liburan akhir pekan di Kebumen, Jawa Tengah bisa mencoba berkunjung ke Pantai Menganti. Pantai yang menyuguhkan keindahan alam dan beragam aktivitas seru yang bisa dinikmati bersama keluarga atau teman.

Pantai Menganti mempunyai keunikan berupa pantai berbatu karang, pasir putih, dan bukit yang indah. Lokasinya berada di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Untuk menjangkau pantai ini memang tak mudah, wisatawan harus melalui jalan menanjak, menurun, dan berliku. Tapi sesampainya di Pantai Menganti, pasti membuat takjub hingga betah malas pulang.

Selain itu, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai tersebut, diantaranya duduk santai disebuah gazebo bambu di atas bukit, bawah rindang, menghadap laut lepas, dan ditemani semilir angin sembari minum es kelapa muda. Sungguh nikmat rasanya untuk melepas penat.

Bagi pecinta swafoto, jangan lewat foto di atas Jembatan Merah yang menjadi salah satu ikon Pantai Menganti selain mercusuar. Jembatan ini tidak berada di atas laut atau pantai, melainkan di atas batu karang besar.

Silakan baca: Pesona Keindahan Pantai Pasir Padi Pangkalpinang

Batu karang memang banyak tersebar di pantai tersebut sehingga dibuatlah Jembatan Merah. Agar pengunjung aman dan nyaman berjalan tanpa sakit terkena tajamnya batu karang, sekaligus menjadi spot foto yang ciamik.

Posisi Pantai Menganti yang menjorok ke laut membuatnya menjadi spot terbaik untuk menikmati momen sunrise atau sunset yang indah. Moment ini biasanya yang ditunggu-tunggu wisatawan yang menginap di destinasi wisata tersebut.

Banyak wisatawan yang menginap dengan berkemah di area camping Gupakan Kebo. Fasilitas ini cukup memadai dan menyediakan penyewaan tenda serta peralatan lainnya. Di sekitar area camping juga ada penginapan sederhana, cukup untuk menginap semalam dengan harga yang terjangkau.

Aktivitas seru lainnya, pantai ini cocok bagi pengunjung yang suka memancing. Ada spot khusus untuk para pemancing di Pedudulan. Tempat tersebut juga cocok untuk menikmati matahari terbenam karena lokasinya berada di bagian barat Pantai Menganti.

Setelah puas menikmati panorama dan beraktivitas seru, saatnya menyantap seafood hasil memancing sendiri atau membeli di TPI dan warung yang ada di sana. Jika tak ingin makanan berat atau seafood, bisa pilih menyantap tempe mendoan berukuran besar yang hangat dengan sambal kecap atau kacang.

Silakan baca: Aneka Hidangan Sate dari Berbagai Daerah di Jawa Tengah

Perjalanan ke Pantai Menganti harus ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena belum tersedia transportasi umum menuju ke sana.*

 

Sumber & Foto: visitjawatengah