Wisata Sambil Edukasi Nuklir di BATAN Bandung

Wisata Nuklir BATAN Bandung
Reaktor Triga 2000 salah satu spot yang bisa dikunjungi di BATAN. (dok. Disbudpar Kota Bandung)

 

BandungKlik – Wisata sambil mengenal nuklir kini bisa dilakukan, tempatnya di Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Teknologi Nuklir Nasional (BATAN) Bandung. Lokasinya berada di Jalan Tamansari No.71, Kota Bandung.

BATAN membuka destinasi wisata ini untuk memberikan edukasi tentang nuklir kepada masyarakat, sekaligus meluruskan stigma negatif bahwa nuklir itu berbahaya. Stigma negatif itu lahir akibat kurangnya pemahaman tentang nuklir yang seringkali membuat orang takut mempelajarinya.

Faktanya, nuklir itu memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia, seperti sumber energi, peternakan, kesehatan, industry, geothermar, hingga pengawetan. Maka dari itu, BATAN mengajak wisatawan dan masyarakat belajar nuklir di destinasi ini.

Ruang pamer

Wisata nuklir BATAN mulai dibuka untuk umum pada Oktober 2019 lalu. Di sana wisatawan bisa berkunjung dan melihat secara langsung segala hal yang berhubungan dengan nuklir.

Bisa pula melihat sejumlah hasil penelitian dan pengembangan dari PSTNT BATAN Bandung. Antara lain ruang teknik analisis radiometri, laboratorium radio isotop dan senyawa bertenda, hingga tempat pengolahan limbah.

Kemudian ada ruang pamer yang cukup luas, bersih, dan nyaman. Di ruang pamer tersebut menampilkan beragam informasi teknologi tentang nuklir yang mendukung pemanfaatan untuk kehidupan sehari-hari.

Beberapa hasil penelitian dan pengembangan pun dipamerkan. Di antaranya jamu herbal irridasi, kit radioisotop dan radiofarmaka untuk kedokteran nuklir, plastik biodegradable dan iridasi gamman untuk produk unggulan Indonesia seperti buah-buahan dan hal lain-lainnya.

Khusus bagi pengunjung di atas usia 18 tahun, dapat mengunjungi langsung fasilitas reaktor nuklir PSTNT BATAN Bandung. Sedangkan bagi yang berusia di bawah 18 dapat berkunjung ke ruang pameran yang berisi banyak informasi edukatif terkait nuklir.

Setiap pengunjung atau wisatawan akan dipandu langsung oleh tim dari PSTNT BATAN Bandung. Pemandu dengan ramah akan menemani dan menjelaskan tentang informasi nuklir serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Berwisata ke tempat ini tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis. Selain itu, tidak perlu takut untuk datang berwisata ke sini. Karena, PSTNT BATAN Bandung sangat memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan untuk pengunjungnya.

Silakan baca: Kebun Binatang Bandung Tampilkan Singa Tanpa Kandang

Rute ke BATAN Bandung

Lokasi destinasi wisata nuklir BATAN yang berada di tengah kota memudahkan untuk diakses para wisatawan. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum atau transportasi online.

Berikut sejumlah rute yang bisa diakses untuk menuju destinasi wisata edukasi nuklir BATAN Bandung.

  • Jika wisatawan datang dari Bandara Husein Sastranegara, bisa naik angkot Jurusan Sadang Serang-Caringin berwarna biru ke arah Sadang Serang, kemudian turun di depan gerbang ITB. Dari situ tinggal berjalan kaki ke arah PSTNT BATAN Bandung selama 10 menit.
  • Jika dari Stasiun Bandung, sebaiknya keluar melalui pintu utara jika ingin menggunakan transportasi umum. Dari sana gunakan angkot jurusan Cisitu-Tegalega berwarna ungu menuju arah Cisitu, lalu turun di depan Kebun Binatang dan lanjut berjalan sekitar 5 – 10 menit ke arah PSTNT BATAN Bandung dengan berjalan kaki. Jika naik transportasi online lebih mudah dan bsa langsung ke lokasi.
  • Jika start dari Terminal Caheum, wisatawan bisa gunakan angkot jurusan Caheum-Ledeng yang berwarna hijau dan pastikan turun tepat di depan PSTNT BATAN Bandung.*

Saat berkunjung ke sana, pengunjung diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.*

 

Sumber: Disbudpar Kota Bandung