BandungKlik – Berwisata ke Bali tak akan pernah bosan, hampir di setiap kabupatennya menawarkan berbagai spot wisata yang menarik dengan ciri khas tersendiri. Seperti di Kabupaten Buleleng, ada objek wisata Pantai Giri Emas dengan ciri khas pasir pantai yang berwarna hitam.

Pantai Giri Emas terletak di Desa Giri Emas yang menjadi desa wisata pada tahun 2022. Keunikannya berupa pasir pantai yang berwarna hitam mengkilap serta ombaknya yang tenang. Membuat pantai ini menjadi destinasi wisata unggulan dan wajib dikunjungi di Bali Utara.

Pasir hitam di pantai ini pun tak hanya unik tapi berkhasiat untuk tubuh. Untuk mencoba khasiatnya, wisatawan harus mencoba terapi panas pasir hitam (Terasirtam) yeng tersedia di pantai ini.

Khasiat Pasir Pantai Hitam Giri Emas

Manfaat Terasirtam sendiri, dapat melancarkan peredaran darah sehingga tubuh terasa lebih segar. Istimewanya, kondisi Pantai Giri Emas sangat sesuai untuk dijadikan terapi pasir hitam karena memiliki pasir yang halus dan tidak berkerikil.

Silakan baca: Danau Tamblingan yang Memesona dan Berbalut Kisah Menarik

Selain itu juga, memiliki suhu yang berasal dari matahari yang mencapai 45 derajat celcius. Di mana suhu rata-rata untuk melakukan terapi panas pasir hitam ini adalah 40 sampai 50 derajat celcius.

Penelitian terkait pasir hitam tersebut sudah dilakukan. Hasilnya diketahui bahwa Pantai Giri Emas menjadi salah satu tempat yang memiliki kualitas terbaik untuk melakukan terapi pasir hitam ini. Dibandingkan pantai lain yang ada di Buleleng.

Di luar daya tarik pasir pantai hitam, tempat wisata Buleleng ini juga menyajikan beragam aktivitas wisata menarik yang bisa dinikmati dan tentu seru. Di antaranya menyelam (diving) dan berbagai spot foto selfie yang eksotik dan instagenik.

Silakan baca: Pura Beji yang Indah Dihiasi Ukiran Khas Buleleng

Jika tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Bali ini, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 12,7 kilometer ke arah timur dari pusat kota Singaraja. Banyak event maupun atraksi wisata yang telah dilakukan di pantai ini. Bila beruntung akan melihat langsung Tradisi Bukak yang rutin digelar masyarakat lokal pada Hari Raya tertentu.*