BandungKlik – Selain menikmati wisata kota dan belanja, Jakarta juga punya banyak objek museum yang menarik untuk rekreasi sambil edukasi. Seperti Museum Taman Prasasti yang menyajikan banyak koleksi  peninggalan bersejarah.

Destinasi yang satu ini merupakan sebuah museum cagar budaya peninggalan masa Kolonial Belanda. Memiliki luas kawasan mencapai 1,2 hektare.

Di dalam Museum Taman Prasasti tersimpan beragam koleksi, di antaranya prasasti nisan kuno, kerajinan seni pahat, kaligrafer, koleksi kereta jenazah antik, hingga miniatur makam khas dari seluruh provinsi di Indonesia.

Begitu masuk ke museum ini, wisatawan bisa melihat langsung sekitar 862 koleksi prasasti nisan kuno serta makam dari masa Kolonial Belanda. Ada pula koleksi karya seni dan memamerkan kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer, dan sastrawan.

Selain itu, terdapat sebuah taman yang siap menyambut kedatangan kalian ketika memasuki kawasan wisata edukasi Museum Taman Prasasti ini. Tampak sebuah ikon berupa gerbang bertiang besar bergaya arsitektur Doria khas Yunani.

Silakan baca: Jakarta International Equestrian Park, Venue Berkuda Terbesar di Asia Tenggara

Bukan hanya koleksi sejarah dan karya seni yang bisa wisatawan lihat. Namun kalian pun dapat sepuasnya melakukan selfie di aneka spot foto kece di sini. Seperti ragam patung dan juga bangunan dengan arsitektur Eropa yang berdiri kokoh.

Sebagai tempat wisata, Museum Taman Prasasti sudah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang wisatawan. Di antaranya toilet, musala, auditorium, area parkir, dan lainnnya. Sehingga pengunjung lebih nyaman berada di tempat ini.

Khusus untuk area parkir yang tersedia di halaman depan museum masih terbatas, hanya untuk motor dan mobil kecil. Alternatifnya, pihak pengelola menyediakan area parkir tambahan di gedung sebelah utara, yaitu di Kantor KONI Jakarta Pusat.

Harga tiket masuk museum ini bervariasi yang disesuaikan dengan tingkatan usia. Untuk pengunjung dewasa harganya Rp5.000 per orang. Kemudian khusus untuk mahasiswa, seharga Rp3.000 per orang. Pengunjung usia anak-anak atau pelajar sebesar Rp2.000 per orang.

Lokasi & Jam Operasional Museum Taman Prasasti

Museum di Jakarta ini terletak di Jalan Tanah Abang I No. 1 Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi umum.

Silakan baca: Piknik Seru ke Agro Edukasi Wisata Ragunan Jakarta!

Jika ingin naik Busway, bisa berangkat dari Halte Harmoni dan Monas. Sedangkan jika menggunakan kereta api bisa berangkat dari Stasiun Tanah Abang, kemudian naik Mikrolet 08.

Operasional museum ini buka dari hari Selasa hingga Minggu, kecuali Hari Besar Nasional. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.*