BandungKlik – Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berada di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Lanskap perbukitan, dataran tinggi, dan lembah, menjadikan wisata alamnya memesona. Salah satunya desinasi wisata alam Posong.

Kawasan wisata alam Posong berlokasi di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Posisinya berada di kaki Gunung Sindoro, maka tak heran jika suhu udaranya cukup dingin, sekitar 10-19 derajat celcius.

Destinasi wisata alam ini tengah naik daun di Temanggung karena pesonanya yang sungguh menakjubkan. Panorama yang disajikan berupa puncak 8 gunung di Jawa Tengah yang tampak jelas dari Posong. Dengan catatan, kondisi cuacanya sedang cerah.

Posong juga menjadi destinasi yang cocok bagi wisatawan yang gemar berburu foto milky way. Sebab, lokasi Posong yang berada di ketinggian di atas 1000 mdpl.

Selain itu, tempat tersebut juga menjadi spot terbaik di Temanggung untuk menyaksikan momen terbitnya matahari. Tak tanggung-tanggung, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona golden sunrise berlatar delapan puncak gunung.

Delapan puncak gunung itu, antara lain Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Lawu, dan Gunung Ungaran. Ditambah bonus lautan awan saat menikmati golden sunrise.

Silakan baca: Pesona City Light Bandung dari Gunung Putri Lembang

Atraksi alam ini biasanya dimulai pukul 05.30 WIB, maka jika tertarik melihatnya wisatawan diharapkan sudah masuk ke area Posong mulai pukul 04.00 WIB. Karena perjalanan dari bawah atau pintu masuk membutuhkan waktu selama satu jam. Belum lagi harus memilih spot terbaik untuk menyaksikan pesona golden sunrise.

Fenomena golden sunrise yang menakjubkan, bisa wisatawan nikmati saat cuaca cerah. Bila berkunjung saat musim hujan, maka kabut akan lebih sering menyapa. Namun tak usah kecewa, sebab kabut tebalnya justru membuat kawasan ini menjadi indah dan lebih eksotis. Udara pun menjadi lebih sejuk.

Wisatawan juga jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan brswafoto atau foto bersama. Di sana pun sudah disediakan sejumlah spot selfie, favoritnya di spot gardu pandang. Di situ, wisatawan dapat berfoto dengan latar Gunung Sumbing dan lembahnya. Ada papan kayu yang jika disusun akan membentuk kata Posong sebagai aksesori saat foto.

Spot foto lainnya yaitu spot dengan tulisan Posong besar dengan latar belakang Gunung Sindoro. Kemudian ada spot sayap kupu-kupu. Sebenarnya, semua titik di Posong juga bisa menjadi spot untuk berfoto terbaik. Namun ingat, tetap berhati-hati ya karena medan jalan yang cukup terjal.

Kawasan wisata alam Posong pun dilegkapi berbagai fasilitas. Seperti fasilitas parkir yang luas, musala, dan toilet yang representatif. Serta gazebo sebagai tempat untuk bercengkerama sembari menikmati makanan yang dijajakan di warung milik warga sekitar. Tersedia pula penginapan yang unik berbahan kayu.

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Sebab lokasi destinasi ini dapat ditempuh dari berbagai kota di Jawa Tengah, seperti Semarang, Solo, atau Purwokerto.

Silakan baca: Punthuk Setumbu, Spot Sunrise dan Siluet Borobudur

Objek Wisata Alam Posong buka setiap hari, mulai pukul 03.30 WIB bagi wisatawan yang ingin berburu sunrise. Sementara jam kunjung terakhir dibatasi hingga pukul 16.00 WIB. Kondisi jalan menuju ke sana masih terjal serta minimnya lampu penerangan.*

 

Sumber & Foto: visitjawatengah