BandungKlik – Saat liburan ke Sleman, jangan lupa cicipi kuliner lezat di Warung Sop Senerek dan Brongkos Ngosit. Salah satu warung makan legendaris di Kabupaten Sleman. Berlokasi di Jalan Magelang KM 16,5, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Warung ini terkenal dengan sajian sop senerek dan brongkosnya. Mungkin sop ini masih terdengar asing. Bagi Anda yang belum tahu Sop Senerek, masakan ini merupakan jenis sop sayuran bening dengan tambahan potongan daging sapi dan tentunya kacang senerek. Sop ini sangat populer karena rasanya yang gurih dengan kuah yang segar dan dagingnya yang empuk.

Menu makanan yang ditawarkan Warung Sop Senerek dan Brongkos Ngosit cukup beragam. Selain brongkos dan sop senerek, tersedia juga menu daging empal, gurame mangut, gurame goreng, nila goreng, lele goreng, mangut lele, dan ayam goreng.

Lalu ada pula menu babad dan iso spesial bagi pecinta sajian jeroan. Sementara untuk menu minumannya, terdapat pilhan es teh, jeruk panas, es jeruk, kopi, es beras kencur, soda gembira, dan masih banyak lainnya.

Silakan baca: Museum Gunungapi Merapi, Geowisata Menarik di Sleman

Di antara beragam menu warung makan ini, Sop Senerek dan Brongkos Ngosit menjadi primadona pecinta kuliner. Sebab sop yang disajikan segar dan potongan dagingnya yang empuk. Sop tersebut bisa dihidangkan dicampur nasi atau dipisah, tergantung permintaan pembeli.

Sedangkan brongkosnya terkenal enak dengan potongan daging yang banyak. Warung ini berupa bangunan rumah sederhana yang memanjang. Meskipun terlihat kecil namun warung ini tak pernah sepi pembeli.

Fasilitas & Harga Warung Sop Senerek Sleman

Terlebih lagi di saat jam-jam makan, pembeli akan membludak. Selain sajian menunya yang lezat, pengunjung akan dibuat nyaman makan di tempat ini. Karena fasilitas warung sudah lengkap dengan kamar mandi, area parkir cukup luas, hingga musala.

Kalau Anda berkunjung ke Warung Sop Senerek dan Brongkos Ngosit ini, tak usah khawatir dengan harganya. Kedua makanan favorit tersebut dibanderol cukup variatif namun masih terjangkau. Harga satu porsi Sop Senerek dipatok seharga Rp 15.000,- dan brongkos dengan harga Rp 20.000,-.

Silakan baca: CoE Sleman Jogja 2022, Banyak Hadirkan Sport Tourism

Untuk minuman harganya mulai dari Rp 3000,-. Warung makan legendaris di Sleman ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Disarankan jangan datang di jam makan siang karena dipastikan akan penuh pembeli.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Sleman