Wali Kota Bandung Resmikan Revitalisasi Alun-Alun

revitalasi alun-alun bandung
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat meresmikan revitalisasi kawasan Viaduct. (dok. Pemkot Bandung)

 

BandungKlik – Revitalisasi kawasan Alun-Alun Kota Bandung telah rampung. Peresmiannya dilakukan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Rabu (8 Desember 2021). Selain taman, revitalisasi kawasan Alun-Alun Bandung juga meliputi kawasan Jalan Kepatihan, Dalem Kaum, Banceuy, Cikapundung Barat, hingga Viaduct.

Jalan Dalem Kaum ditata dengan penanaman vegetasi pohon, penambahan tempat duduk, artwok street tiga dimensi. Kemudian totem sekilas sejarah Bandung serta stasiun dan parkir sepeda, plus perbaikan utilitas saluran.

Selanjutnya kawasan Kepatihan juga dilakukan penatan vegetasi pohon, tempat duduk yang dibuat lebih nyaman, ada peta lokasi, kendaraan, dan utilitas mekanik. Dilakukan juga penertiban PKL Jalan Jopangkar ke basement King Shoping Center dan sekaligus penataan PKL basement Alun-Alun.

Kemudian bimbingan PKL zona kuning di Cikapundung Barat dengan fasilitasi penyedia layanan makanan online. Lalu pemberian kartu BPJS ketenagakerjaan, kartu tanda anggota PKL, stiker kios, kartu pembinaan di bawah Dinas KUKM dan kartu NIB.

Di kawasan tersebut juga dilakukan penataan peta rute kawasan hotel, kuliner, dan rute wisata yang terintegrasi jalur bandros, sepeda, dan parkir. Sementara di kawasan Viaduct kini tampil dengan wajah baru yang lebih rapi. Penataan taman dengan sejumlah sarana dan tambahan vegetasi semakin cantik di berbagai sisi.

Visi Bandung Nyaman

Oded M. Danial menuturkan, penataan kawasan Alun-Alun ini menjadi bagian dari upaya mewujudkan visi Bandung Nyaman. Sehingga bisa tercipta keseimbangan selain menghadirkan visi Kota Bandung yang Unggul, Sejahtera, dan Agamis.

Silakan baca: Pendopo Bandung, Lokasinya Dipilih Langsung “Dalem Kaum”

“Saya minta ke depan tetap yang namanya ruang-ruang terbuka di Kota Bandung terus kita percantik,” ungkapnya saat peresmian penataan kawasan Alun-Alun, Rabu (8/12/21), dalam siaran pers Pemkot Bandung.

 

Klik halaman berikutnya