Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Pepaya “si Buah Malaikat”

buah pepaya
Buah pepaya. (healthline).*

 

BandungKlik – Siapa yang tidak tahu pepaya? Siapa yang belum pernah makan buah ini? Rasanya hampir semua orang di dunia sudah pernah mengonsumsinya. Bukan hanya populer, buah ini juga terkenal karena punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari healthline, satu butir pepaya kecil 152 gram mengandung kalori 59, karbohidrat 15 gram, serat 3 gram, dan protein 1 gram. Kandungan lainnya vitamin C 157% dari RDI, vitamin A 33% dari RDI, folat (vitamin B9) 14% dari RDI dan kalium 11% dari RDI. RDI adalah asupan gizi yang dianjurkan.

Berikut BandungKlik sajikan lima dari sekian banyak manfaat buah pepaya.

1. Baik untuk kesehatan mata

Buah bernama ilmiah Carica papaya ini kaya akan vitamin A dan antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan mata. Mengonsumsi buah berdaging merah ini juga dapat mencegah penglihatan memburuk dan sebaliknya, menjaga  penglihatan tetap normal.

2. Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan air yang banyak dan serat dalam buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, pepaya juga mengandung banyak enzim yang membantu memecah makanan dan melindungi jaringan yang melapisi saluran pencernaan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Apa yang dapat diberikan buah ini untuk imunitas atau kekebalan tubuh? Betul, pepaya kaya akan nutrisi dan vitamin C sebagai kontributor utama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Oleh karena itu, buah berasa manis ini bakal membantu tubuh melawan segala jenis infeksi dan penyakit yang menyerang tubuh.

4. Membantu menurunkan berat badan

Buah yang diperkirakan berasal dari Meksiko ini sangat rendah kalori dan serat yang terkandung di dalamnya membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Serat alami dapat mendetoksifikasi tubuh dan membersihkannya. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat dan bugar.

5. Menyehatkan ginjal

Kalium yang terdapat dalam buah adalah pendukung besar kesehatan ginjal. Ini dapat membersihkan racun yang ada di ginjal dan mengurangi akumulasi asam urat dalam darah.

Selain dagingnya, biji pepaya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Manfaatnya, dapat membantu menjaga sel dari degenerasi dan mencegah ginjal dari disfungsi. *

 

Silakan baca:

Terbukti, Ini 9 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Top 9 Manfaat Mengkonsumsi Semangka