BandungKlik – Lengkeng dikenal sebagai buah eksotis berdaging putih yang termasuk dalam keluarga besar berry. Dengan buah leci, buah pohon bernama latin Dimocarpus longan ini punya kemiripan. Soal rasa, seperti buah anggur.

Selain dapat dikonsumsi langsung, lengkeng adalah buah tambahan yang lezat untuk puding, salad, dan smoothie. Untuk mengonsumsinya, tentu saja harus mengupas kulit luarnya. Saat Anda melepas cangkangnya akan terlihat seperti bola mata. Biji hitam dan daging putihnya menyerupai pupil, bukan? Oleh karena itu, banyak yang menyebutnya “buah mata naga”.

Selain di Indonesia, pohon buah yang berasal dari Asia Tenggara ini banyak dibudidayakan di Thailand, Viet Nam, Taiwan, dan Cina. Dari segi nilai gizi, dikutip dari Healthifyme, 100 gram buah lengkeng mengandung nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 60 kkal
  • Karbohidrat: 15,14 gram
  • Protein: 1,31 gram
  • Serat: 1,10 gram
  • Lemak: 0,10 gram

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin C 84 mg (140% dari nilai harian atau DV). Selain itu, kalium 266 mg (7,6% dari DV), fosfor 21 mg (2,1% dari DV), dan tembaga 0,17 mg (8,5% dari DV). Kandungan mangan dalam buah ini 0,05 mg (2,6% dari DV), dan besi 0,13 mg atau 0,7%.

Berikut manfaat buah lengkeng untuk kesehatan.

1. Meningkatkan memori

Buah ini bersifat nootropik. Ini berarti bahwa ekstrak buah meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Dalam pengobatan tradisional Cina, tonik buah lengkeng digunakan untuk pengobatan yang disebabkan oleh kecemasan.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Berkat kadar vitamin C yang kaya, buah ini secara efektif membalikkan tanda-tanda penuaan. Selain itu, buah ini membantu dalam pembentukan kolagen.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Akibat gaya hidup yang kurang baik di zaman yang serbacepat ini berpotensi menyebabkan individu banyak yang menderita insomnia alias sulit tidur. Lengkeng boleh jadi obat alami yang Anda cari karena aktivitas ansiolitiknya. Ekstrak buah ini dapat membantu menurunkan stres atau kecemasan dengan mengurangi kadar hormon stres yang disebut kortisol.

4. Meningkatkan imunitas

Buah lengkeng menunjukkan sifat antimikroba yang kuat. Manfaatnya, ini membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Vitamin C yang ada di dalamnya juga dapat membantu mengurangi aksi berbahaya radikal bebas.

5. Anti inflamasi

Seturut penelitian, semua bagian buah lengkeng mengandung sifat antiinflamasi. Semua bagiannya mengandung asam ellagic, epicatechin, dan asam galat yang dapat mengurangi pelepasan zat inflamasi dalam tubuh.

6. Meningkatkan libido

Banyak orang yang mengonsumsi buah Dimocarpus longan ini sebagai suplemen tradisional untuk meningkatkan gairah seksual, baik pada pria maupun wanita. Ia memainkan peran positif dalam meningkatkan stamina dan secara langsung meningkatkan libido.

7. Mencegah anemia

Mengonsumsi buah lengkeng bisa memberi Anda zat besi. Tentu saja, manfaatnya dapat mengelola kekurangan zat besi dan risiko anemia. Sejumlah zat besi di dalamnya dapat merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi.

8. Melindungi terhadap penyakit kronis

Tubuh Anda melepaskan radikal bebas terutama akibat dari stres yang cenderung menyebabkan kerusakan sel pada jaringan dan organ. Antioksidan dalam lengkeng dapat melawan beberapa radikal bebas berbahaya ini dan mencegah kerusakan sel yang tidak normal.

9. Penambah energi

Jika Anda ingin mengganti kafein maka buah lengkeng bisa menjadi pilihan yang ideal. Daging buah yang berair ini bisa memberikan lonjakan energi secara instan. Selain itu, karena mengandung jumlah gula buah yang baik, buah lengkeng bekerja dengan sangat baik sebagai penambah energi. *

Silakan baca:

Anggur dan 10 Kebaikannya bagi Kesehatan Tubuh

Delapan Manfaat Luar Biasa Buah Leci