Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona

Wisata Waduk Dharma
Tampak perahu nelayan dan perahu wisatawan melintas di tengah danau. (Iwan Gunaesa/Bandung Klik).*

 

Bandungklik – Waduk Darma destinasi wisata berupa danau buatan di Kuningan. Tepatnya berada di Desa Darma, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di samping jalan raya yang menghubungkan wilayah Kuningan – Cirebon.

Berjarak sekitar 12 km ke barat daya dari pusat kota Kuningan atau  47 km dari Kota Cirebon, waduk ini memiliki lanskap hamparan air berlatar pegunungan. Sungguh memanjakan mata dengan pesonanya. Ditambah udara nan segar, membuat malas untuk beranjak.

Secara historis, menurut beberapa sumber dari warga setempat, Waduk Darma dibuat oleh Mbah Satori (Mbah Dalem Cageur) pada zaman para wali masih hidup. Danau ini digunakan sebagai bendungan irigasi dengan luas areal mencapai ±425 ha dan berkapasitas genangan air maksimum 39 juta m3. Sumber airnya berasal dari mata air Cihanyir yang berada tepat di tengah Waduk Darma dan dari hulu Sungai Cisanggarung.

Silakan baca: Bersantai di Tengah Debur Curug Pelangi

Kini, Waduk Darma berkembang menjadi destinasi wisata favorit di wilayah Kuningan. Selain menikmati keindahan panorama alam, wisatawan bisa menikmati sejumlah fasilitas rekreasi. Seperti perahu motor yang akan mengantar mengelilingi waduk, taman bermain anak-anak, flying fox, mini train, camping ground, area memancing, pusat kuliner, kios cendera mata, panggung serbaguna, lapang bola, musala, toilet umum, dan areal parkir.

Momen-momen tertentu, pengunjung pun disuguhi pentas musik dan seni tradisional. Jika betah berlama-lama menikmati suasana alam yang nyaman bersama keluarga ataupun kolega, bisa juga menginap di sekitar kawasan. Di sana tersedia sejumlah penginapan dengan harga cukup terjangkau.*