Via Tol Tebing Tinggi, Kualanamu – Danau Toba Hanya 2 Jam

tol tebing tinggi
Ruas jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. (dok.bpjt.pu.go.id).*

 

BandungKlik – Via tol Tebing Tinggi, waktu tempuh dari Kualanamu ke Danau Toba diperkirakan hanya 1,5 hingga 2 jam. Ruas tol Tebing Tinggi – Sarbelawan saat ini masih dalam tahap pembangunan. Nantinya tol mendukung aksesibilitas menuju destinasi superprioritas (DSP) Danau Toba.

Ruas tol ini bakal menghubungkan ruas tol yang ada yaitu Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Dengan demikian, andaikata pembangunan tol tersebut rampung, maka jarak Parapat menuju Kualanamu bakal semakin cepat.

Parapat adalah salah satu akses menuju Danau Toba, sedangkan Kualanamu merupakan kawasan berdirinya bandara internasional.

“Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangannya, Minggu (14/2/2021).

Luhut berharap berbagai kemajuan pembangunan bakal segera dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat sekitar. Dikatakannya, Danau Toba menjadi salah satu daerah pariwisata yang telah punya kemajuan pesat.

“Sangat membanggakan, pembangunan ini agar dilaksanakan dengan rapi. Akan merubah tanah ini menjadi penuh harapan untuk dikembangkan ke depannya,” ujar Luhut.

Dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi-Parapat membentang sepanjang 143,25 kilometer. Tol ini merupakan lanjutan dari jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 kilometer.

Sebelumnya, jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi telah rampung dan terhubung dengan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa.

Jalan tol pendukung yang menghubungkan Medan ke DSP Danau Toba terdiri dari enam seksi. Seksi 1 Tebing Tinggi – Inderapura (20,40 km) dan Seksi 2 Inderapura – Kuala Tanjung (18,5 km). Lalu, Seksi 3 Tebing Tinggi – Sarbelawan (30 km) dan Seksi 4 Sarbelawan – Pematang Siantar (28 km). Sementara Seksi 5 Pematang Siantar – Seribudolok (22,30 km) dan Seksi 6 Seribudolok – Parapat (16,7 km).

Direncanakan, Seksi 1 – 4 rampung konstruksinya secara bertahap pada Oktober 2021. *

Silakan baca:

Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona