Uzbekistan Rice Plov, Kuliner Ramadan Khas Timur Tengah

Uzbekistan Rice Plov
Tampilan Uzbekistan Rice Plov. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Dilihat dari namanya saja, Uzbekistan Rice Plov sudah jelas dari mana asalnya. Ya, makanan khas Ramadan ini berasal dari negara Uzbekistan. Hidangan ini pun menjadi salah satu kuliner khas Timur Tengah.

Sepintas penampilan Uzbekistan Rice Plov mirip dengan nasi goreng atau nasi kebuli. Boleh dibilang makanan ini sebagai nasi goreng ala Uzbekistan. Disajikan dalam nampan besar yang bisa disantap beramai-ramai bersama keluarga, kerabat, atau kolega.

Di tempat asalnya, makanan tersebut dikenal sebagai kuliner tradisional Rice Plov (palov atau osh atau pilaf). Secara turun-temurun, masyarakat di sana menjadikan makanan ini sebagai hidangan wajib saat pesta pernikahan.

Seiring perkembangan zaman, hidangan rice plov turut berkembang menjadi menu utama saat menjamu tamu, pesta perayaan besar, momen liburan, bahkan kerap disajikan hingga 1000 porsi.

Sekarang berkembang lagi menjadi menu berbuka puasa saat Ramadan. Termasuk di sejumlah hotel di Indonesia, hidangan ini kerap menjadi menu utama paket iftar Ramadan.

Secara keseluruhan, Uzbekistan Rice Plov merupakan hidangan berupa nasi yang digoreng dan dicampur dengan potongan daging. Biasanya daging kambing tapi kini banyak yang menggantinya dengan daging sapi atau ayam.

Silakan baca: Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah untuk Berbuka

Bahan nasi dan potongan daging kemudian dibumbui dengan rempah-rempah khas Uzbekistan, lalu dilengkapi taburan parutan wortel, cabai kering, dan bawang bombai. Bisa juga ditaburi kacang arab, kismis, berberis, atau buah-buahan sebagai variasi.

Cara memasak Uzbekistan Rice Plov cukup istimewa, yakni dimasak dengan menggunakan kazan (atau deghi) di atas api terbuka. Hingga menghasilkan hidangan bercita rasa gurih, lezat, dan ditambah aroma asap dari bakaran yang menggugah selera.*