Update Restoran di Bandung yang Terima Sertifikat CHSE

restoran hideki coffee
Hideki Coffee salah satu kafe yang menerima Sertifikat CHSE per 30 Desember 2020. (Dok. @hideki_coffee).*

 

BandungKlik – Update restoran/ kafe di Kota Bandung yang menerima Sertifikat CHSE bertambah 19 per 30 Desember 2020. Dari daftar yang dirilis, ada satu tambahan usaha transportasi wisata yang lolos uji sertifikasi ini.

Per 15 Desember 2020 lalu,  Daftar Restoran di Bandung yang Lolos Uji Sertifikasi CHSE sebanyak 41 restoran/ kafe. Dengan demikian, hingga saat ini, Rabu (30 Desember 2020), total restoran/ kafe yang sudah lolos uji sertifikasi CHSE sebanyak 60. Sedangkan usaha transportasi wisata bertambah menjadi dua. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan proses uji sertifikasi yang sedang berlangsung.

Uji sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) diperuntukkan bagi seluruh usaha jasa pariwisata. Di samping restoran, ada juga hotel, transportasi wisata, MICE hingga pondok wisata. Sertifikasi yang disebut juga dengan K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Keberlangsungan Lingkungan) ini diterbitkan sebagai jaminan. Yaitu, jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol K4 tersebut.

Uji sertifikasi dilakukan oleh Sucofindo sebagai perwakilan tim audit yang ditunjuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dikutip dari disbudpar.bandung.go.id, berikut daftar restoran/ kafe dan usaha transportasi wisata yang menerima Sertifikat CHSE dengan skor 100 persen per 30 Desember 2020:

Resto/ Kafe:

1. Ayam Goreng Nelongso

2. Cibiuk Tradisional Resto Soekarno Hatta

3. Hailee Coffee

4. Hideki Coffee

5. Lacamera

6. McDonald’s Buah Batu

7. McDonald’s Gatot Subroto

8. McDonald’s Kings Plaza

9. McDonald’s Kopo

10. McDonald’s Pasir Kaliki

11. McDonald’s Setiabudhi

12. McDonald’s Simpang Dago

13. McDonald’s Soekarno Hatta

14. McDonald’s Summarecon

15. Overhot Yaa

16. Restoran Steak 8

17. The Harvest Buah Batu

18. The Harvest Burangrang

19. The Harvest Dago

Transportasi Wisata:

1. Padma Tours*

Silakan baca:

Puluhan Hotel di Kota Bandung Menerima Sertifikat CHSE