Sirkuit Mandalika, nama lengkapnya Pertamina Mandalika International Street Circuit, kini masih bersolek agar cantik saat ajang balap WSBK dan MotoGP.

 

BandungKlik – Beberapa saat lagi, Indonesia bakal punya sirkuit balap motor kelas internasional. Sirkuit yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sekarang dalam tahap penyelesaian akhir.

Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika ini punya panjang lintasan 4,31 kilometer dengan 17 tikungan. Tentu, sirkuit baru tersebut bakal menjadi kebanggaan Indonesia khususnya masyarakat Lombok.

1. Tuan rumah balap motor bergengsi setelah 24 tahun

Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah balap motor bergengsi di Sirkuit Mandalika. Ajang terdekat adalah World Superbike (WSBK) yang akan digelar 19 November 2021 dan MotoGP Maret 2022. Terakhir kali, Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap internasional pada 1997.

Silakan baca: 

MotoGP Indonesia Diundur Jadi Maret 2022

Seturut jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, sirkuit yang dibangun ITDC ini akan menjadi tempat tes pramusim pada 11 – 13 Februari 2022. Agenda terdekat di sirkuit ini adalah ajang balap internasional Idemitsu Asia Talent Cup.

2. Pit building sirkuit 100% produk Indonesia

Didesain secara nonpermanen, seperti sirkuit kelas dunia lainnya, pembangunan pit building Sirkuit Mandalika tampil beda. Pit building ini sepenuhnya menggunakan produk modular dalam negeri yang dikerjakan hanya dalam 1,5 bulan.

3. Dapat diakses publik

Dikutip dari @kemenparekraf.ri, Sirkuit Mandalika punya konsep yang berbeda. Inner dan outer road di sirkuit ini bisa diakses oleh publik untuk beraktivitas ketika sedang tidak digunakan. Namun demikian, fasilitas tersebut bukan di lintasan utamanya.

4. Berada di kawasan wisata Lombok

Bukan rahasia lagi, Mandalika di Lombok terbilang kawasan wisata yang demikian menawan. Para pembalap, kru hingga penonton yang datang dan menonton di sirkuit balap ini bakal dimanjakan oleh pesona alam Mandalika. Panorama Mandalika membentang sejauh mata memandang, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta Mandalika. *

Silakan baca:

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok yang Wajib Dicoba