BandungKlik – Jika berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Aceh Tengah, jangan lupa mampir ke Ujung Nunang. Destinasi wisata alam yang menyuguhkan danau alami yang indah dan memukau sebagai daya tarik utamanya.

Bahkan tak hanya elok, danau ini pun cukup unik karena memiliki ombak seperti sebuah laut. Pesonanya juga semakin memukau karena disekelilingnya berdiri pegunungan yang tampak asri dan memanjakan mata.

Nama Ujung Nunang berasal dari bahasa Gayo, suku utama yang menempati kawasan Aceh. Makna dari nama tersebut, yakni “ujung bepergian” atau “tempat jalan-jalan”. Sungguh nama yang sesuai dengan potensi dari kawasan wisata alam yang menjadi tempat jalan-jalan yang asyik.

Ketika berada di Ujung Nunang, kalian akan merasa nyaman dan betah karena suasananya cukup sejuk khas pegunungan. Kemudian suasanannya juga sunyi, jauh dari keramaian, sehingga cocok pula sebagai spot healing melepas kepenatan di perkotaan.

Terlebih di saat sore hari, pesonanya makin eksotis dan romantis dengan sajian sunsetnya. Langit jingga berpadu indah dengan hamparan air dan latar belakang pegunungan. Untuk menikmatinya, kalian bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Tak usah khawatir, di sini sudah tersedia camping ground yang memadai.

Silakan baca: Puncak Sigantang Sira, Magnet Baru Wisata Aceh Selatan

Puaskan pula untuk berburu spot foto-foto cantik untuk swafoto atau fotografi di kawasan Ujung Nunang tersebut. Di sana, banyak sekali spot-spot foto yang ciamik dan instagenic. Pokoknya kalian bakal keren saat mengunggahnya di akun sosmed.

Menariknya lagi, destinasi wisata Aceh Tengah yang satu ini sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung wisata yang cukup memadai. Di antaranya musala, gazebo, toilet, area camping, area parkir kenderaan, dermaga, spot pancing, spot foto, dan lainnya.

Lokasi Ujung Nunang

Wisata alam yang satu ini terletak di Jalan Takengon-Bintang, Kampung Rawe, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Kawasan seluas lebih kurang 1 hektare tersebut, berjarak sekitar 15 km dari Takengon, ibu kota Aceh Tengah. Dengan rute melalui sisi selatan Danau Lut Tawar.

Silakan baca: Petualangan ke Grand Canyon Penuntungan Subulussalam Aceh

Kalian bisa menuju ke objek wisata Ujung Nunang dengan menggunakan kendaraan bermotor. Bahkan tersedia juga angkutan umum dengan rute Takengon ke Kampung Nosar di Kecamatan Bintang.*