Uji Publik KRL Yogya – Solo Tarifnya Rp 1

kereta krl
Suasana penumpang di dalam KRL pada masa pandemi Covid-19. (Dok. @keretaapikita).*

 

BandungKlik – Uji publik KRL Yogya – Solo akan berlangsung pada 1 – 7 Februari 2021.  Masyarakat atau wisatawan yang hendak turut dalam perjalanan ini harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk sekali perjalanan masa uji coba, tarifnya Rp 1 per penumpang.

Dikutip dari krl.co.id, uji coba KRL Yogya – Solo dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah berlangsung sejak 20 Januari 2021 hingga 31 Januari 2021. Namun, uji coba hanya untuk undangan terbatas.

Pada uji coba tahap kedua, PT KAI (Persero) melalui anak usahanya yaitu KAI Commuter membuka keikutsertaan masyarakat. Syaratnya harus mendaftar secara daring melalui aplikasi KRL Access yang dapat diunduh di Google Playstore. Pendaftaran dibuka setiap hari pukul 00.00 WIB mulai 1 Februari 2021.

Peserta uji publik KRL mesti memahami sejumlah aturan pendaftaran atau ambil antrean. Satu antrean hanya berlaku untuk satu orang. Apabila ada tiga calon penumpang hendak pergi bersama, maka ketiganya mesti punya antrean yang sukses. Tentu, hal ini seturut pada pemberitahuan yang tertera pada aplikasi KRL Access di masing-masing telepon seluler.

Selain itu, satu antrean berlaku untuk satu perjalanan, tidak untuk pulang pergi. Jadi, bilamana calon penumpang hendak turut uji publik pergi-pulang, pastikan telah mengambil antrean untuk dua perjalanan. Yaitu, perjalanan pergi dan perjalanan pulang.

Calon penumpang juga wajib memiliki tiket yang sesuai untuk naik KRL ini, selain punya jatah kuota atau antrean. Masyarakat dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat diperoleh dengan mudah di seluruh loket stasiun. Biayanya Rp 30 ribu sudah termasuk saldo Rp 10 ribu.

Jika tidak punya KMT, calon penumpang bisa menggunakan kartu uang elektronik dari bank yang sudah bekerja sama dengan KAI Commuter. Misalnya e-Money Mandiri, BRIZI BRI, Tap Cash BNI, dan Flazz BCA.

Hal yang tak kalah penting, calon penumpang mesti mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai protokol kesehatan Covid-19 di stasiun dan kereta. *

Silakan baca:

Update Persyaratan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh