Ucapan dan Doa Sahabat Nabi Saat Idulfitri

ucapan idulfitri
(freepik).*

 

BandungKlik – Ketika Idulfitri tiba, Anda pasti sering mendengar ucapan sekaligus doa taqobbalallahu minna wa minkum. Lalu, apa arti dan bagaimana menjawabnya?

Mengucapkan selamat di hari raya sudah menjadi tradisi dan budaya tersendiri. Idulfitri bisa dibilang momen paling spesial bagi umat Islam di seantero jagat. Ketika hari raya tiba, khususnya di Indonesia, masyarakat akan saling memberi ucapan selamat Lebaran. Akan tetapi, bukan sekadar kata-kata biasa, melainkan kalimat yang mengandung doa.

Begitu banyak ucapan yang bertebaran di hari raya Idulfitri. Tak hanya ucapan dalam bentuk kata-kata mutiara yang puitis tetapi banyak juga yang menyampaikannya melalui sebuah pantun jenaka.

Terlepas dari beragam ucapan dan doa, mari simak keterangan berikut:

Diriwayatkan dari Jubair bin Nafir, ia berkata: “Apabila sahabat-sahabat Rasulullah saw bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan ‘taqobbalallahu minna wa minkum’.” (menurut Hafizh, sanadnya baik/ Fiqih Sunnah Sayyid Sabiq).

Dalam bahasa Arab lafalnya:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

Artinya:

“Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian.”

 Lantas, apabila Anda menerimanya, bagaimana cara menjawabnya yang tepat untuk diucapkan?

Sebagaimana riwayat dari para sahabat, menjawab ungkapan doa tersebut adalah dengan doa yang sama pula yaitu:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

Intinya, jika kita hendak mengikuti apa yang dilakukan para sahabat Rasulullah ketika memberi ucapan selamat pada hari raya, maka taqobbalallahu minna wa minkum sudah tepat.

Tentu ucapan dan doa tersebut sudah terstruktur dan sempurna sekaligus paling sering diungkapkan di kalangan para sahabat Rasulullah saw.

Adapun “minal aidin wal faizin” yang populer di Indonesia punya makna “termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang.” Terkadang ungkapan ini diiringi dengan “mohon maaf lahir batin” meski tak ada kaitannya sama sekali. Wallahu ‘alam. *

Silakan baca: 10 Rangkaian Kata Mutiara Ucapan Idulfitri

Silakan baca: 10 Pantun Lucu Ucapan Hari Lebaran