Ubud Bali Peringkat ke-4 Kota Terbaik di Dunia

Ubud bali
Hamparan hijau terasering sawah di Ubud yang memesona. (indonesia.travel)

 

BandungKlik – Pesona keindahan Ubud, Bali memang tak diragukan lagi dan sudah sohor di dunia. Buktinya, kota ini menduduki peringkat ke-4 kategori kota terbaik di dunia. Mengalahkan Bangkok, Seoul, hingga Roma.

Pemeringkatan kota-kota tersebut, dilakukan oleh sebuah majalah travel yang berbasis di New York, Travel + Leisure. Penyusunannya berdasarkan survei kepada para pembaca situs web, sejak 11 Januari hingga 10 Mei 2021.

Para pembacanya pun harus tercatat pernah melakukan perjalanan ke berbagai wilayah di dunia. Di dalam survei ini, berisi penilaian atau pandangan pembaca terhadap pemandangan, budaya, makanan, keramahan, perbelanjaan, dan nilai secara keseluruhan.

Semua poin-poin penilaian itu memang terasa ada di Ubud Bali. Jika wisatawan berjalan-jalan di sekitar Ubud, akan disuguhi suasana desa yang masih asri serta panorama alam yang memesona.

Hal tersebut tak lepas dari prinsip “Tri Hita Karana” yang diterapkan masyarakat Bali. “Tri Hita Karana” berasal dari kata “Tri” yang berarti tiga, “Hita” yang berarti kebahagiaan dan “Karana” yang berarti penyebab.

Dengan begitu, Tri Hita Karana berarti “Tiga penyebab terciptanya kebahagiaan”. Hakikat ajaran “Tri Hita Karana” menekankan tiga hubungan manusia dalam kehidupan di dunia.

Silakan baca: Inilah 5 Destinasi Wisata Terasering di Indonesia

Di mana ketiga hubungan itu meliputi hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan Tuhan. Semuanya saling terkait satu sama lain.

Destinasi Wisata

Berikut ini ada tiga destinasi wisata unggulan yang wajib dikunjungi saat wisatawan berlibur ke Ubud Bali, antara lain:

1. Campuhan Ridge Walk

Tempat ini merupakan jalur pendakian berupa perbukitan sepanjang dua kilometer. Di sana wisatawan bisa melakukan lari atau jalan santai sambil menikmati panorama pegunungan dengan udara nan sejuk.

Bagi pecinta momen romantis dan eksotis di alam terbuka, sangat cocok datang ke sini. Pasalnya, momen sunset dan sunrise yang indah bisa dinikmati di Campuhan Ridge Walk. Alamatnya di Jalan Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar.

2. Neka Art Museum

Neka Art Museum memamerkan berbagai koleksi karya seni yang terinspirasi dari keindahan alam, manusia, dan kebudayaan Bali. Diresmikan pada tahun 1982 dan berlokasi di Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Ubud.

Museum ini juga menyimpan karya pelukis terkemuka. Salah satunya maestro lukis Indonesia, Affandi.

3. Monkey Forest Ubud

Rumah bagi ratusan ekor kera ini, terletak di hutan lindung yang terjaga keasriannya. Lokasinya ada di Jalan Monkey Forest, Padangtegal, Ubud. Tak hanya bisa berinteraksi dengan kawanan kera, wisatawan pun di sana bisa mengunjungi Pura Dalem, Pura Beji, dan Prajapati.*

Silakan baca: Kain Khas Bali yang Cocok untuk Cendera Mata

 

Sumber: @kemenparekraf.ri