Uang Rp 75 Ribu untuk Transaksi, Bukan Hanya Suvenir

uang 75 ribu rupiah
Pecahan uang kertas Rp 75 ribu. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Sudah punya uang pecahan Rp 75 ribu? Apakah sudah pernah digunakan sebagai alat transaksi? Uang tersebut bukan hanya suvenir, lho!

Betul, uang pecahan Rp 75 ribu dicetak dalam rangka peringatan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020. Memang ada yang bilang pecahan uang kertas bergambar dua proklamator dan keanekaragaman budaya Indonesia itu dicetak terbatas. Namun demikian, uang tersebut adalah alat pembayaran yang sah.

Di satu sisi, masyarakat Indonesia masih banyak yang  belum memiliki bahkan menggunakannya sebagai transaksi atau pembayaran. Malah tak sedikit di antara masyarakat yang masih ragu apakah uang pecahan kertas tersebut bisa dijadikan pembayaran atau sekadar suvenir.

Akun Instagram Bank Indonesia @bank_indonesia menyampaikan, “rupiah yang belum ditarik dari peredaran, tanpa terkecuali #UPK75RI merupakan alat pembayaran yang sah. Jadi jangan ragu lagi untuk dipakai sebagai alat transaksi di NKRI. Hmm, #SobatRupiah tahu kan aturan main untuk yang menolak rupiah sebagai alat transaksi?”

Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan, uang pecahan Rp 75 ribu dapat digunakan untuk transaksi atau pembayaran. Lantas, bagaimana kalau ada yang menolak?

Seturut Pasal 23 ayat (1) Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang diatur bahwa setiap orang dilarang menolak untuk menerima rupiah yang penyerahannya dimaksudkan sebagai pembayaran.

Dalam Pasal 33 ayat (2) yang menolak untuk menerima rupiah dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan pidana denda paling banyak Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah).

Nah, biasanya pada momentum Idulfitri masyarakat banyak yang menukar uang kertas baru. Entah untuk dibelanjakan, disedekahkan atau sekadar hadiah. Tentu, momen Lebaran tahun ini nominal pecahan uang kertas baru bertambah setelah hadirnya uang pecahan Rp 75 ribu edisi kemerdekaan.

Apakah Anda sudah memperolehnya? *

Silakan baca: Bank bjb Alokasikan Rp15,1 T untuk Ramadan-Idulfitri 2021

Silakan baca: bjb Digi Masuk 10 Mobile Banking Terbaik di Indonesia