Tweed, Wol Kasar yang Tenar karena Salah Tulis

tweed
Jas berbahan kain tweed. (Dok. permanentstyle.com).*

 

BandungKik – Lihat isi lemari di rumah Anda. Apakah ada pakaian berbahan tweed? Celana, jas, rompi, tas atau topi? Jika ada, sepintas bahan kain tersebut mirip wol, bukan?

Seturut britannica.com, tweed merupakan bahan wol yang agak kasar tetapi punya tekstur unik. Dari segi bobot, bahan kain ini termasuk sedang hingga berat. Biasanya dibuat dari variasi tenunan kepar dasar. Adapun motifnya antara lain herringbones, diamonds, cross twills, dan check.

Kemajuan teknologi dalam pewarnaan bahan mentah, benang, dan kain termasuk penyelesaian memberi pengaruh bagi bahan tweed. Alhasil, berbagai macam pakaian yang kuat dan tahan lama dapat dibuat dengan berat yang berbeda.

Sejak abad ke-19, jenis pakaian berbahan tweed amat populer di Inggris Raya. Sebermula, umumnya dipakai untuk kegiatan luar ruang semisal menembak dan berburu.

Dalam perkembangannya, bahan tweed wol juga acap digunakan untuk stelan pakaian kerja, seperti rok dan blazer untuk wanita, termasuk tas. Soal penampilan, jangan ditanya. Meski simpel pakaian berbahan tweed tetap fashionable. Bahkan, tren ini terus meluas ke berbagai kota di dunia termasuk Indonesia.

Penampilan seseorang yang mengenakan pakaian berbahan tweed akan terlihat lebih klasik atau vintage. Komunitas penggemar sepeda di London Inggris, yakni Tweed Run yang didirikan tahun 2009 bahkan menjadikan tweed sebagai bahan pakaian khas para anggotanya.

tweed
Kain Harris Tweed ditenun dengan pola kepar herringbone pertengahan abad ke-20. (Britannica.com).*

Namun, siapa sangka ketenaran tweed bermula dari salah tulis. Nama tweed bukan berasal dari Sungai Tweed meskipun kain itu diproduksi di Lembah Tweed di perbatasan Skotlandia dan Inggris utara.

Tweed dikaitkan dengan kesalahan salah seorang pegawai di London pada tahun 1826. Ketika itu, ia menyusun pesanan atau faktur untuk tweel. Secara tidak sengaja ia menulis tweed—nama yang dengan cepat menjadi terkenal sejak itu. Sementara itu, tweel adalah nama lama Skotlandia untuk kain kepar. *

Silakan baca:

Prediksi 5 Tren Gaya Mode Tahun 2021