Tujuh Wisata Pantai Terindah di Pangandaran

tujuh pantai pangandaran
Pantai Pangandaran. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Berbatasan dengan Samudera Hindia, Kabupaten Pangandaran punya pantai dengan pesona yang menawan. Tak heran pantai di Pangandaran menjadi magnet utama bagi wisatawan untuk datang dan berlibur. Berikut tujuh pantai terindah di Kabupaten Pangandaran yang menarik untuk dikunjungi:

1. Pantai Pananjung

Agak berbeda dengan pantai lain di Pangandaran yang umumnya berwarna kecokelatan, Pantai Pananjung punya hamparan pasir putih. Pantai di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran ini masuk dalam bagian Cagar Alam dan Taman Margasatwa Pananjung Pangandaran. Di perairan dangkal pasir putih, wisatawan dapat melakukan aktivitas mengasyikkan seperti berenang, berperahu, snorkeling atau menyelam. Air yang jernih memperjelas indahnya pemandangan dan aktivitas biota laut seperti bintang laut dan ikan-ikan kecil yang lucu.

2. Pantai Batu Karas

Gelombang laut yang relatif bersahabat dan pantainya yang landai menjadi salah satu kelebihan pantai yang terhampar di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang ini. Selain berenang dan bermain pasir, wisatawan pun bisa melakukan aktivitas lain seperti berperahu, berselancar dan bermain banana boat. Suasananya yang tenang dan terbilang relatif masih alami menjadi magnet bagi wisatawan untuk berlama-lama dan menghabiskan waktu di Pantai Batukaras.

Pantai Batu Karas. (dok. disparbud.jabarprov.go.id).*

3. Pantai Batu Hiu

Sekira 200 meter dari tepi pantai ke arah laut, pantai ini menyajikan pemandangan batu karang yang menyerupai sirip ikan hiu. Selain kekhasan itu, Pantai Batu Hiu punya tebing yang lumayan terjal dan  bukit yang mempesona. Dari atas bukit inilah wisatawan juga bisa melihat langsung batu hiu sembari ditemani angin sepoi-sepoi. Karena ombak yang relatif besar, wisatawan tidak diperbolehkan berenang tetapi masih bisa berjalan-jalan di tepi pantai yang berada di Desa Ciliang Kecamatan Parigi ini.

Pantai Batu Hiu. (dok. tourism.pangandarankab.go.id).*

4. Pantai Madasari

Deburan ombak yang menghantam karang menjadi sajian alam yang dapat menenangkan pikiran dan melepas kepenatan di Pantai Madasari, sekira 40 Km dari Pantai Pangandaran ke arah Cijulang. Pantai yang berada di Desa Masawah Kecamatan Cimerak ini begitu cantik dengan panorama pulau-pulau karang berbentuk unik, masih asri dan alami. Air laut biru dan ombak yang relatif besar menanti para wisatawan pehobi berselancar di salah satu dari tujuh pantai di Pangandaran ini.

pantai madasari pangandaran
Pantai Madasari. (dok. humas.pangandaran.go.id).*

5. Pantai Karang Nini

Berada di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang, Pantai Karang Nini menyuguhkan panorama pantai yang menawan. Terdapat batu-batu karang yang mempercantik pantai ini, salah satunya batu karang menyerupai seorang nini (nenek). Hutan yang rimbun dengan segala kehidupan alam liarnya melengkapi pesona pantai berjarak sekira 13 Km sebelum kawasan wisata Pantai Pangandaran. Selain bermain pasir, di Pantai Karang Nini wisatawan juga bisa menjelajah hutan bakau dan hutan jati.

Pantai Karang Nini. (dok. disparbud.jabarprov.go.id).*

6. Pantai Lembah Putri

Nyaris terlupakan, padahal pantai ini menyuguhkan panorama yang mengagumkan dari atas bukit. Berada di Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang, sekira 5 Km sebelum Pantai Pangandaran, Pantai Lembah Putri merupakan perpaduan keindahan alam pantai dan perbukitan. Selain keindahan pantainya, di Pantai Lembah Putri juga terdapat sejumlah spot menarik untuk berfoto. Salah satunya tembok memanjang yang dibuat dari batu alam sehingga seperti miniatur Tembok Cina.

Pantai Lembah Putri. (dok. portal.pangandarankab.go.id).*

7. Pantai Karapyak

Mencari pantai perawan di Pangandaran? Anda bisa datang ke Pantai Karapyak di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang. Pantai ini relatif masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga cocok untuk melepas penat dan jauh dari keramaian. Keunggulan Pantai Karapyak adalah panorama pantai dan batu karang yang terhampar dan menjorok ke laut. Saat air laut surut, akan terlihat ikan-ikan hias kecil di sela-sela batu karang. *

Pantai Karapyak. (dok. tourism.pangandarankab.go.id).*

Silakan baca:

Bermain Body Rafting, Refreshing Hilangkan Rasa Penat

Melancong ke Pantai Ngandong Yogyakarta

Sejuta Pesona Pantai Tanjung Papuma