Tujuh Wisata Gunung Terfavorit di Jawa Barat

wisata gunung jawa barat
Gunung Papandayan. (wikipedia).*

 

BandungKlik – Jawa Barat dianugerahi bentang alam yang mengagumkan, salah satunya gunung. Ya, keindahan alam pergunungan di Tanah Pasundan yang punya karakteristik berbeda menjadi destinasi pendaki atau wisatawan berlibur. Berikut Bandung Klik sajikan tujuh gunung di Jawa Barat yang tersebar di sejumlah daerah:

1. Gunung Papandayan

Pesona Gunung Papandayan di Kabupaten Garut sangat cocok bagi pemula dan para pendaki yang ingin bersantai sekaligus berkemah. Jalur pendakian ke area perkemahan relatif lebih ringan. Gunung dengan ketinggian 2.665 mdpl ini termasuk gunung api strato dan masih aktif.

Selain panorama edelweis, lanskap Papandayan yang menjadi magnet wisatawan datang adalah hutan mati. Yakni hutan sabana yang telah lama mati tetapi masih menyajikan pemandangan pepohonan kering yang memberi kesan eksotis dan unik.

2. Gunung Gede

Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di perbatasan CianjurSukabumiBogor, Gunung Gede sangat hits di kalangan para pendaki di nusantara. Punya ketinggian sekira 2.958 mdpl, gunung ini terbilang masuk dalam deretan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Panorama matahari terbit di Gunung Gede sangat mengagumkan dan menjadi magnet pengunjung untuk datang. Di gunung ini pun terdapat hutan hujan tropis yang eksotis.

Gunung Gede Pangrango. (cianjurkab.go.id).*

3. Gunung Pangrango

Bersebelahan dengan Gunung Gede, Gunung Pangrango juga menjulang pada ketinggian sekira 3.019 mdpl. Di Jawa Barat, gunung ini salah satu yang paling banyak dikunjungi bahkan secara nasional.

Puncak Gunung Pangrango sangat dikenal karena terdapat tanah lapang yang luas dan acapkali disebut Alun-alun Mandalawangi. Di tempat inilah tanaman bunga edelweis terbaik tumbuh subur. Tempat lainnya yang menjadi favorit adalah kawah dengan sabananya yang bernama Alun-alun Surya Kencana.

4. Gunung Patuha

Apa yang menjadi daya pikat Gunung Patuha? Gunung di Ciwidey Kabupaten Bandung ini punya kawah yang eksotis dan masyhur dengan nama Kawah Putih. Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini memiliki dinding kawah dan air yang berwarna putih.

Memiliki ketinggian 2.434 mdpl, Gunung Patuha menyajikan pemandangan hijau alami di sekitar kawah. Karena keindahan alamnya, banyak pihak yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat pengambilan gambar baik foto maupun video untuk film.

5. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray. (wikipedia).*

Menjulang pada ketinggian 2.821 mdpl, pendakian ke Gunung Cikuray memang terbilang lumayan ekstrem. Para pendaki akan banyak melewati jalur dengan kemiringan curam dan menantang. Terletak di Dayeuhmanggung Kabupaten Garut,

Gunung Cikuray tidak mempunyai kawah aktif dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Pemandangan di puncak gunung ini sangat mengagumkan. Deretan pergunungan diselimuti kabut tipis terlihat sejauh mata memandang yakni Gunung Papandayan di sebelah barat, Gunung Guntur di utara, dan Gunung Galunggung serta Pergunungan Talaga Bodas di sebelah timur laut.

6. Gunung Galunggung

Secara administratif masuk ke wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Gunungapi ini dikenal gunung yang ramah bagi para pendaki pemula sekalipun. Trek yang dilalui menuju puncaknya tak seekstrem gunung lainnya di Jawa Barat. Di puncak Gunung Galunggung yang berada di ketinggian 2.167 mdpl ini terdapat kawah yang eksotis.

Untuk mencapainya dibangun tangga dengan 620 anak tangga. Keeksotisan Gunung Galunggung telah menjadi magnet wisatawan datang dan terbilang objek wisata paling banyak dikunjungi di Tasikmalaya.

7. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai. (wikipedia).*

Inilah gunung tertinggi di Jawa Barat. Sekira 3.078 mdpl, Gunung Ciremai berada di wilayah Kuningan dan Majalengka serta masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Meski terbilang jalur pendakian yang cukup ekstrem, panorama yang ditawarkan gunung ini bisa membuat pendaki jatuh hati.

Gunungapi kerucut yang populer di kalangan pendaki tersebut punya kawah ganda. Berada di puncaknya, bukan hanya deretan gunung di Jawa Barat yang terlihat tetapi juga gunung-gunung di Jawa Tengah. *

Silakan baca: Menikmati Sunrise dan Keeksotisan Gunung Bromo

Silakan baca: TN Kelimutu Kembangkan Aplikasi Pemandu Wisata Digital