BandungKlik – Musim hujan sudah tiba, bahkan akhir-akhir ini sering hujan lebat. Oleh karena itu, siapa pun harus waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi, salah satunya saat berkendara.

Berikut BandungKlik sajikan tujuh tips aman berkendara saat hujan.

1. Tenang dan tetap waspada

Hujan lebat ketika sedang mengemudi cenderung membuat khawatir. Jika tidak memungkinkan meneruskan perjalanan, sebaiknya Anda menepi atau berteduh di tempat yang aman jika menggunakan sepeda motor. Apabila mengendarai mobil dan hendak meneruskan perjalanan, Anda mesti fokus, tetap tenang, dan waspada. Pemutar musik di dalam mobil sebaiknya tidak diaktifkan dahulu.

2. Nyalakan lampu kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan dulu semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Nyalakan lampu utama kendaraan atau lampu kabut saat melaju terutama di saat hujan lebat. Lampu yang menyala akan membantu jarak pandang Anda dan pengemudi lain melihat kendaraan Anda lebih baik.

3. Jaga jarak

Usahakan jaga jarak antarkendaraan agar punya ruang dan waktu untuk bereaksi apabila ada hal yang tak terduga di jalan. Hindari mengerem secara mendadak.

4. Wiper yang layak

Wiper yang berfungsi dengan baik tentu dapat membuat kaca kendaraan akan selalu kembali jernih meski diguyur hujan. Penting, periksa ketersediaan air untuk wiper.

5. Hindari genangan air

Sulit memang untuk menghindari genangan air. Namun, hal itu penting untuk dilakukan. Genangan air ternyata bisa menutupi lubang yang berpotensi mengakibatkan gangguan pada kendaraan. Pendek kata, kendaraan sebaiknya melaju pelan-pelan.

6. Pelan asal selamat

Tips aman berkendara berikutnya adalah lebih baik mengemudi pelan dan utamakan keselamatan. Tidak perlu ngebut karena jalan berpotensi licin dan bisa menyebabkan ban kehilangan cengkeraman. Saat melaju pastikan jarak pandang Anda masih ideal dan tetap fungsikan air conditioner agar tidak muncul embun. Jika Anda tidak berani mengemudikan kendaraan (mobil) pada situasi hujan lebat, seyogiyanya menepi dan berhenti di tempat yang aman.

7. Gunakan jas hujan

Apabila situasi dan kondisi memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor, gunakanlah jas hujan. Jas hujan model stelan lebih dianjurkan. *

Silakan baca: Tips Bersepeda di Perkotaan agar Aman dan Selamat