Tujuh Keajaiban Dunia yang Berjaya pada Zaman Kuno

piramida keajaiban dunia
Piramida Giza. (britannica.com).*

 

BandungKlik – Tujuh keajaiban dunia adalah pencapaian arsitektur dan pahatan unggulan dari Mediterania kuno dan Timur Tengah. Yang paling terkenal seperti yang dicatat penulis Antipater dari Sidon abad ke-2 SM. Namun sayang, beberapa monumen dan bangunan kuno sudah hancur dan tak bisa dilihat lagi.

Lalu, seperti apa bentuk tujuh keajabian dunia kuno? Mari simak uraian singkatnya berikut ini:

1. Piramida Giza

Dari tujuh keajaiban dunia kuno, Piramida Giza adalah paling tua dan satu-satunya yang masih ada secara substansial saat ini. Makam Pharaoh Khufu dan istri-istrinya ini dibangun pada 2575 – 2465 SM di dataran tinggi berbatu. Tepatnya di tepi barat Sungai Nil di Mesir utara. Lebih dari 2,3 juta blok batu digunakan untuk membuat struktur bangunan.

2. Taman Gantung Babilonia

taman gantung babilonia
Taman Gantung Babilonia. (medium.com).*

Taman kuno berupa serangkaian teras lanskap ini didirikan Raja Nebukadrezar II (605 – 561 SM). Namun, lokasi persisnya tidak diketahui. Taman surgawi tersebut diperkirakan dibangun di Nineveh dekat istana kerajaan Babilonia, sekarang selatan Irak. Lanskap dibangun untuk menghibur istrinya dari Median yaitu Amytis yang rindu pergunungan dan tanaman hijau di tanah airnya.

3. Patung Zeus

Patung Zeus
Patung Zeus. (britannica.com).*

Patung Zeus di Olympia adalah sosok dewa di singgasananya. Patung setinggi 12 meter ini dibuat sekira 430 SM oleh Phidias dari Athena. Sekira abad ke-5 M, Patung Zeus dipindahkan ke Konstantinopel (sekrang Istanbul Turki) kemudian hancur akibat kebakaran.

4. Mercusuar Alexandria

Mercusuar Alexandria
Mercusuar Alexandria. (britannica.com).*

Selain paling terkenal di dunia kuno, Mercusuar Alexandria adalah mercusuar tertinggi di dunia. Dengan tinggi 134 meter, mercusuar dapat dilihat para pelaut dari jarak jauh. Diperkirakan bangunan menjulang ini dibangun sekira 280 SM di Pulau Pharos untuk Ptolemeus II dari Mesir.

5. Mausoleum Halicarnassus

 

Mausoleum Halicarnassus
Mausoleum Halicarnassus. (britannica.com).*

Mausoleum Halicarnassus merupakan sebuah makam berhias dekorasi patung berbentuk manusia, singa, dan kereta kuda. Makam Mausolus—penguasa Caria, dibangun pada 353 – 351 SM oleh Ratu Persia Artemisia untuk mendiang suaminya. Bangunan mausoleum yang megah telah hancur akibat gempa bumi.

6. Kuil Artemis

Kuil Artemis
Kuil Artemis. (britannica.com).*

Kuil Artemis terletak di Efesus, Turki barat. Ini adalah bangunan yang terkenal karena ukurannya yang mengesankan. Ada banyak karya seni yang menghiasi arsitekturnya. Bangunan anggun ini dibuat oleh Raja Lydia yaitu Croesus sekira 550 SM untuk Dewi Artemis. Sebagian besar, bangunan kuil sudah hancur.

7. Colossus of Rhodes

Colossus of Rhodes
Colossus of Rhodes. (greekreporter.com).*

Ini adalah patung perunggu besar yang dibangun di Pelabuhan Rhodes Yunani kuno pada tahun 305 – 304 SM. Colosseus of Rhodes merupakan patung raksasa dewa matahari Helios. Patung ini tingginya mencapai 70 hasta atau sekira 32 meter. *

 

Sumber: britannica.com

Silakan baca:

Candi Borobudur, Inspirasi Peradaban Manusia