BandungKlik – Keajaiban alam Indonesia tersebar di seluruh negeri, mulai dari gunung hingga hutan yang menyajikan fenomena yang memesona. Bentang alam mengagumkan dan kaya akan keragaman hayati sekaligus mengabarkan bahwa negeri ini demikian kaya dan luas. Berikut ini BandungKlik sajikan tujuh keajaiban alam Nusantara dengan panorama yang memikat.

1. Green Canyon

Alam menakjubkan dengan pemandangan spektakuler tebing ini berlokasi di Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Wisatawan dapat menyusuri sungai di kawasan Green Canyon dengan berperahu ataupun body rafting. Tebing berwarna hijau nan cantik dan unik ini dipenuhi lumut yang memukau. Masyarakat setempat mengenalnya dengan nama Cukang Taneuh.

2. Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur dikenal sebagai lokasi yang paling strategis untuk menyaksikan sekaligus menikmati panorama matahari terbit (sunrise) yang dramatis. Kepopulerannya, bahkan sudah sejak lama sampai ke mancanegara. Tak heran, para turis asing banyak yang sengaja melancong sembari mengabadikannya lewat bidikan lensa.

Silakan baca: Menikmati Sunrise dan Keeksotisan Gunung Bromo

3. Pulau Komodo

Tak syak lagi, ini merupakan pulau habitat reptil purba dan endemik komodo. Terhampar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pulau ini menjadi tempat yang nyaman sekira 3.000 satwa melata tersebut. Perbukitan yang indah dan pemandangan bawah laut terkaya di dunia melengkapi pesona pulau ini. Pulau Komodo termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia versi “New 7 Wonders” beberapa tahun lalu.

4. Danau Kelimutu

danau kelimutu festival
Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. (kelimutu.id).*

Keajaiban alam Indonesia berikutnya masih dari Nusa Tenggara Timur: Danau Kelimutu. Danau ini punya daya tarik utama dari sisi warna. Ya, warna danau yang berbeda-beda akan membuat siapa pun takjub melihatnya. Perubahan warna danaunya memang tidak bisa diprediksi, tetapi inilah yang menjadi keunikannya. Tidak hanya satu, di sana ada tiga danau berbeda nuansa.

Silakan bacaKeunikan Tiga Warna Danau Kelimutu, Ini Maknanya

5. Raja Ampat

Panorama alam yang tak terhingga juga tersaji di Raja Ampat, Provinsi Papua. Raja Ampat dikenal akan keindahan bawah lautnya yang menjadi rumah bagi 540 jenis terumbu karang dan lebih dari 1.000 jenis ikan. Julukan “The Last of Paradise” hingga spot diving terbaik di dunia disandang destinasi wisata ini hingga saat sekarang.

6. Raflesia Arnoldi

Bunga endemik sekaligus langka ini sungguh memesona. Raflesia arnoldi yang besar, bahkan mencapai diameter satu meter, punya ciri khas bau yang tajam. Aroma kuatnya bisa tercium hingga radius 30 meter. Wisatawan dapat melihat bunga raksasa ini antara lain di Provinsi Bengkulu yang dikenal sebagai Bumi Raflesia.

7. Kawah Ijen

(Kawah Ijen). (kemenparekraf/ shutterstock).*

Kawah Ijen di Jawa Timur merupakan satu dari dua tempat munculnya fenomena alam blue fire di dunia, selain Islandia. Api abadi ini bisa dilihat secara langsung ketika keadaan gelap tanpa cahaya, seperti dini hari. Selain api biru, kawah ini dikenal sebagai danau air asam kuat terbesar di dunia. Wisatawan dapat melihat uap yang keluar dari kawah dengan pancaran biru kehijauan nan ayu di bagian permukaannya. *

Silakan baca:

Kawah Bromo, Menyajikan Segudang Pesona dan Ritual

 

Sumber: kemenparekraf.go.id