Tujuh Fakta Mona Lisa, Salah Satunya Tak Bisa Dijual

lukisan mona lisa
Lukisan Mona Lisa. (dok. louvre.fr).*

 

Mona Lisa, ekspresi penuh teka-teki yang terlihat memikat dan menyendiri telah menyajikan potret ketenaran universal.

 

BandungKlik – Mahakarya maestro lukis asal Italia, Leonardo da Vinci, sudah sangat dikenal luas di seluruh dunia. Mona Lisa hadir dengan sentuhan dan senyumnya yang seakan mengabarkan kepada dunia tentang imajinasi dan visioner.

Lukisan asli masterpiece ini 77 x 53 centimeter. Kini, dimiliki oleh Pemerintah Prancis dan dipajang di dinding Museum Louvre di Paris.

Sosok wanita ini mengenakan busana Florentine pada zamannya. Dia duduk di lanskap pegunungan yang visioner. Inilah salah satu contoh luar biasa dari teknik sfumato Leonardo dalam pemodelan yang lembut dan sangat teduh.

Berikut tujuh fakta lukisan Mona Lisa yang mungkin tak banyak diketahui orang.

1. Dia tinggal bersama Francois I, Louis XIV, dan Napoleon

Leonardo da Vinci mulai membuat mahakaryanya itu saat tinggal di Italia. Namun, dia tidak menyelesaikannya sampai pindah ke Prancis atas permintaan Raja Francois I. Setelah rampung, sang raja memajang lukisan itu di Istana Fontainebleau dan bertahan selama satu abad.

Louis XIV memindahkannya ke Istana Versailles yang megah. Pada awal abad ke-19, Napoleon Bonaparte menyimpan lukisan itu di kamar kerjanya.

lukisan mona lisa
Potret Lisa Gherardini, Istri Francesco del Giocondo yang dikenal sebagai Mona Lisa. (dok. leonardodavinci.net).*

2. Mona Lisa adalah potret diri Leonardo da Vinci?

Leonardo da Vinci meninggal pada 1519 dan dimakamkan di sebuah kastil di Prancis. Komite Nasional Warisan Budaya Italia dikabarkan tengah melakukan penyeledidikan dan berencana untuk menggali tengkoraknya. Mereka ingin membentuk kembali wajah Leonardo menggunakan teknologi CSI. Akankah dia menyerupai Mona Lisa yang misterius?

Silakan baca: Pablo Picasso: Karya, Kubisme dan Guernica

Klik halaman berikutnya