BandungKlik – Hotel adalah tempat yang mengutamakan privasi, tetapi tetap membutuhkan etiket saat tamu menginap. Apa saja?

Meski mengutamakan privasi sehingga tamu bebas melakukan apa saja di hotel, tidur seharian dan sebagainya, sebenarnya ini masih terbilang hotel umum. Saat meninggalkan kamar, tamu bakal bertemu dengan staf hotel dan sesama tamu.

Untuk itu, menginap di hotel juga membutuhkan etiket. Sikap yang tidak etis dapat mengganggu kenyamanan tamu lain dan menghambat pekerjaan staf hotel. Berikut tujuh etiket penting saat menginap di hotel:

1. Tidak menggunakan sandal hotel keluar kamar

Selain tidak enak dipandang, sebenarnya menggunakan sandal hotel di luar kamar dianggap tidak sopan apalagi jika di luar negeri. Sandal hotel didesain tipis dengan bahan lembut yang cocok untuk karpet dan ubin dingin di dalam ruangan, bukan untuk aktivitas. Oleh karena itu, gunakan sandal atau sepatu sendiri jika hendak keluar kamar.

2. Bersikap sopan kepada staf hotel

Staf hotel, terutama resepsionis, paling sering menemui tamu yang beragam. Bersikaplah profesional dan tetap ramah betapa pun lelahnya Anda saat tiba dan harus check-in.

3. Tidak membawa makanan berbau

Hotel memiliki peraturan yang melarang tamu membawa makanan berbau, misalnya durian. Patuhi aturan tersebut karena selain bisa kena sanksi, bau makanan tersebut bisa mengganggu kenyamanan tamu lain. Perlu diingat, meskipun banyak orang Indonesia yang gemar mengonsumsi durian, tetapi banyak juga yang tidak menyukai baunya yang kuat.

4. Pikirkan kondisi kamar sebelum check-out

Memang, karena tamu sudah membayar jasa hotel berarti ia bisa menggunakan fasilitas sepuasnya. Namun, alangkah baiknya jika fasilitas tersebut tetap terjaga dalam kondisi rapi dan tidak rusak. Menyimpan sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merusak barang memudahkan petugas housekeeping yang harus mengejar waktu untuk membersihkan puluhan kamar hotel.

5. Ketahui barang yang bisa Anda bawa pulang

Cari tahu barang-barang di hotel yang bisa dibawa pulang, seperti sandal, sampo, sabun, dan sikat gigi. Jangan membawa pulang barang-barang yang tidak boleh dibawa pulang karena bisa dianggap mencuri dan dikenakan sanksi pihak hotel.

Silakan baca:

Barang-Barang yang Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel

15 Barang yang Tidak Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel

6. Jika tamu harus mengeluh …

Jika memang ada pengalaman tidak menyenangkan selama menginap di hotel langsung komplain kepada staf hotel dengan profesional dan tidak emosional. Menulis keluhan atau masalah di media sosial atau website pengulas akomodasi tanpa memberikan kesempatan kepada hotel untuk memperbaiki keluhan tamu sebenarnya dapat merusak reputasi hotel. Kecuali, sudah komplain dan kondisi masih belum diperbaiki pihak hotel.

7. Tip masalah uang

Di luar negeri, tamu biasanya menitipkan uang tip kepada staf hotel, terutama bagian house keeping. Jika Anda hendak meniru ini, Anda dapat meletakkan uang di bawah telepon atau menambahkan catatan terima kasih untuk petugas kebersihan. Namun, pertimbangkan juga tidak hanya memberi tip di hari terakhir Anda menginap. Mungkin kamar Anda dibersihkan oleh petugas berbeda setiap hari. *