Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya

traveling naik kereta
Ilustrasi penumpang naik kereta api. (dok. kai.id).*

 

BandungKlik – Naik kereta api sudah lama menjadi primadona masyarakat untuk bepergian. Entah itu untuk urusan bisnis ataupun liburan. Ada sejumlah kelebihan yang bikin traveling dengan opsi naik kereta lebih asyik. Berikut 8 alasannya:

Harga tiket lebih terjangkau

Jika dibandingkan dengan moda transportasi lain, harga tiket perjalanan kereta api relatif lebih terjangkau. Tentu, hal ini dapat menghemat biaya traveling Anda. Selain itu, harga tiket kereta api lebih stabil meskipun dalam musim liburan.

Tepat waktu

Jadwal perjalanan yang mencakup keberangkatan, pemberhentian, dan ketibaan penumpang kereta api relatif tepat. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan jadwal perjalanan sehingga waktu lebih efisien. Kendala keterlambatan atau menunda keberangkatan umumnya karena masalah teknis.

kereta tepat waktu
(dok. kai.id).*

Lokasi stasiun berada di jantung kota

Melakukan perjalanan atau traveling menggunakan kereta api diberikan kemudahan aksesibilitas. Umumnya, stasiun berada di jantung kota sehingga lebih mudah menemukan transportasi umum lain menuju tempat tujuan.

Tingkat keamanan lebih baik

Dari sejak masuk stasiun, penumpang akan melewati sejumlah pemeriksaan, mulai identitas, tiket hingga barang bawaan. Tingkat kriminalitas yang melibatkan pengguna kereta api lebih rendah ketimbang transportasi umum darat lainnya. Selalu ada petugas keamanan dalam setiap perjalanan kereta.

pemeriksaan di kereta
Pemeriksaaan tiket oleh petugas di dalam kereta. (dok. kai.id).*

Menjangkau banyak rute atau destinasi

Jalur kereta api di Pulau Jawa melintasi banyak kota. Tak hanya kota besar atau ibukota provinsi tetapi juga kota lainnya yang punya banyak destinasi wisata. Sebut saja antara lain Cirebon, Solo, dan Banyuwangi.

Memberikan kenyamanan ekstra

Meskipun kelas ekonomi, ada sejumlah kelebihan yang dihadirkan sehingga memberi kenyamanan. Misalnya ada stop kontak listrik untuk mengisi baterai alat komunikasi dan ruang yang lebih luas untuk kaki. Jika ingin lebih nyaman, bisa memilih kelas eksekutif.

kursi kereta
Ruang untuk kaki lebih luas di kelas eksekutif. (Irwan Akhmad/BandungKlik).*

Tidak macet

Kereta api punya jalur sendiri. Kelebihan utamanya tidak akan menemui kemacetan seperti halnya transportasi darat lain seperti bus atau kendaraan pribadi. Kemacetan yang kerap melanda saat liburan panjang tidak mengganggu jalur kereta api.

Bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan

pemandangan naik kereta
(dok. kai.id).*

Suasana sepanjang perjalanan yang berbeda-beda menjadi alasan kuat naik kereta. Panorama berupa perbukitan, pergunungan, perkebunan, hamparan sawah, laut bahkan suasana perdesaan dapat dinikmati. Pemandangan ini bakal lebih lama terlihat dalam perjalanan kereta siang. *

Silakan baca:

Jadwal Kereta Api Malabar 2021 Bandung – Malang PP

Jadwal Kereta Api Argo Wilis 2021 Bandung – Surabaya PP