BandungKlik – Pulau Bintan di Kepulauan Riau (Kepri) menyimpan banyak objek wisata alam terutama bahari yang memesona. Seperti destinasi Pulau Beralas Pasir yang dikenal juga dengan sebutan White Sands Island.

White Sands Island Bintan tersebut berlokasi sekitar 37 kilometer dari Kota Tanjungpinang, ibu kota Kepri. Wisatawan dapat menempuhnya selama kurang lebih 33 menit melewati jalur laut. Di pulau ini kalian bisa menikmati segudang pesona keindahan alam dan menjajal berbagai aktivitas menarik.

Ada aktivitas paling populer di Pulau Beralas Pasir, yaitu olahraga air atau watersport yang akan memuaskan wisatawan. Mulai dari olahraga air primadona seperti snorkelling, diving atau menyelam, hingga banana boat.

Masih ada lagi kegiatan seru dan unik lainnya, seperti ski air, bumper tube, dan kayak transparan. Menariknya lagi, berbagai aktivitas olahraga air tersebut bisa wisatawan nikmati dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp140.000 per orang.

Satu atraksi wisata favorit wisatawan di Pulau Beralas Pasir saat ini, yakni Kayak Transparan atau Transparent Canoe. Aktivitas ini menawarkan sensasi ketenangan daan keindahan bawah laut yang dapat wisatawan nikmati dari atas kayak.

Sambil menikmati sepoi-sepoi angin, wisatawan juga dapat memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto-foto cantik dan instagramable. Cukup bayar sebesar Rp 140.000 per orang dengan durasi selama 1 jam, kalian sudah dapat menikmati olahraga kayak ini plus foto-foto cantik untuk koleksi di akun medsos.

Wisata Foto & Penangkaran Penyu

Aktivitas hunting foto bukan hanya di atas kayak saja, tapi juga wisatawan bisa mengambil latar foto hamparan pasir putih dan lautnya yang biru. Selain itu, Pulau Beralas Pasir juga masih punya banyak sekali spot foto keren lainnya.

Silakan baca: Museum Bahari Bintan, Spot Wisata Edukasi Kelautan yang Menarik

Tersedia spot foto dengan kursi malas (lazy chair) yang berwarna-warni, hammock di tepi pantai, hingga spot ayunan air. Perpaduan warna biru, putih, dan komposisi sinar matahari yang pas, bakal memudahkan Wisatawan mendapatkan foto ciamik.

Selain spot foto yang melimpah, di Pulau Beralas Pasir ini wisatawan pun bisa mengunjungi ekowisata di penangkaran penyu. Terdapat 2 lokasi penangkaran penyu di sini, ada untuk jenis Green Sea dan Hawks Bill.

Di penangkaran penyu di White Sands Island tersebut, wisatawan dapat melihat perawatan telur-telur penyu yang akan menetas. Kalau beruntung, bisa juga menyaksikan proses menetasnya bayi-bayi penyu lucu hingga melepasnya ke laut.

Fasilitas Wisata di Pulau Beralas Pasir

Sebagai objek wisata, kawasan ini sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Sehingga liburan di tempat ini akan semakin nyaman dan bisa betah berlama-lama.

Fasilitas penunjang wisata di Pulau Beralas Pasir, di antaranya penginapan dan restoran, hingga pelabuhan tersendiri untuk memudahkan akses transportasi wisatawan. Kalau mau bermalam di pulau ini, wisatawan bisa pilih penginapan yang sudah tersedia, harganya masih terjangkau. Hanya sekira Rp300.000 per malam untuk satu rumah dengan kapasitas 4 orang dan sudah termasuk sarapan pagi.

Silakan baca: Tujuh Destinasi Wisata Pulau Bintan, Primadona Kepri

Ada juga pilihan tempat menginap yang seru, yaitu dengan berkemah di tepi pantai. Fasilitas camping di sini hanya seharga Rp250.000 per tenda untuk 4 orang. Untuk harga-harga menu makanan di restorannya pun cukup terjangkau, berkisar di Rp18.000 hingga Rp 25.000. Namun harga tersebut bisa berubah setiap saat, ya!*