Top 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Fisik

bersepeda
Bersepeda memberi manfaat untuk kesehatan fisik. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Bersepeda roda dua atau tiga dapat memberi manfaat bagi kesehatan fisik atau tubuh. Ini adalah olahraga yang menyenangkan dan berorientasi sosial. Begitu kata dokter Claire Safran-Norton, ahli terapi fisik di Harvard-affiliated Brigham and Women’s Hospital.

Bagi fisik, ini top 5 manfaat utamanya:

1. Mudah di persendian

Saat Anda duduk di atas sadel sepeda, Anda meletakkan beban tubuh pada sepasang tulang di panggul yang disebut tuberositas iskia. Tentu, ini tidak seperti berjalan yaitu saat Anda meletakkan beban di kaki Anda.

“Itu membuatnya baik untuk siapa saja dengan nyeri sendi atau kekakuan terkait usia,” kata Safran-Norton, dikutip dari health.harvard.edu, Sabtu (20/3/2021).

2. Mendorong pedal memberikan latihan aerobik

Hal ini baik untuk kesehatan jantung, otak, dan pembuluh darah. Latihan aerobik juga memicu pelepasan endorfin. Endorfin adalah zak kimia yang dilepaskan otak yang dapat membuat Anda merasa berjiwa muda.

3. Bersepeda membangun otot

Pada fase power mengayuh, Anda menggunakan otot gluteus di bokong dan paha depan serta otot gastrocnemius dan soleus di betis. Bersepeda juga melatih otot lain. Anda menggunakan otot perut untuk menyeimbangkan dan tetap tegak. Otot lainnya adalah otot lengan dan bahu untuk menahan setang dan mengemudi.

4. Membantu aktivitas sehari-hari

“Manfaatnya terbawa ke kesimbangan, berjalan, berdiri, ketahanan, dan saat menaiki tangga,” kata Safran-Norton.

5. Mengayuh membangun tulang

“Aktivitas resistensi seperti mendorong pedal, menarik otot, kemudian otot menarik tulang dapat meningkatkan kepadatan tulang,” kata Safran-Norton.

Dokter Safran-Norton juga memberi saran bagi Anda yang menderita osteoporosis tetapi ingin bersepeda.

“Jika Anda menderita osteoporosis, pertimbangkan untuk mengendarai sepeda roda tiga yang lebih stabil daripada roda dua. Tidak terlalu berisiko jatuh,” katanya.

Ingatlah, kata dia mengimbuhkan, ketinggian tempat duduk harus memungkinkan agak menekuk lutut Anda. Maksudnya, saat posisi pedal di bawah, lutut tidak terlalu lurus. Jika posisi sadel terlalu tinggi bisa menyebabkan potensi jatuh lebih besar. *

Silakan baca:

Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Jus Jambu Biji