BandungKlik – Inggris—dengan beragam fashion brands terkenal dan mewah—tercatat  sebagai salah satu negara yang selalu mengikuti perkembangan dan tren mode dunia.

London termasuk kota yang berperan penting dalam melahirkan inovasi desain mode dan fashion brands di Inggris. Tak mengherankan, jika ibu kota negara tersebut menjadi kiblat mode dunia, selain Paris, Milan, Los Angeles, dan New York.

Fashion brands mewah memang kerap dijadikan sebagai cerminan seseorang kala berbusana, baik sehari-hari maupun saat pergi ke pesta. Namun, di Inggris hadir fashion brands populer karya para perancang busana ternama yang dihormati karena keanggunannya dan punya banyak penggemar fanatik.

Mode-mode Inggris kerap dicirikan dengan tampilan yang mencolok pada pakaian apa pun yang dikenakan.

1. Vivienne Westwood

Fashion brands Inggris pertama adalah Vivienne Westwood. Ia dikenal sebagai perancang busana sekaligus pengusaha ternama yang sohor karena kerap memperkenalkan mode baru kepada dunia. Sejak 1970, perusahaannya banyak melahirkan produk yang fantastis dan merancang pakaian yang indah dan produk cinta yang trendi. Westwood percaya bahwa pakaian itu berbicara sendiri.

2. Stella McCartney

Perancang busana sekaligus vegetarian ini mengalami awal yang sulit dalam kariernya. Namun, pengalamannya di label Chloe, Prancis, dia mencapai alurnya dengan kreasi funky dan glamor. Setelah meluncurkan label eponimnya sendiri pada 2001, Stella McCartney menarik klien selebriti profil tinggi yang telah memastikan gaunnya menjadi bahan pokok karpet merah di mana-mana.

3. Burberry

Burberry adalah salah satu label tertua di Inggris yang popularitasnya tidak dimulai sebagai perusahaan mode. Akan tetapi, Burberry menjadi terkenal karena jenis kain tahan air yang disebut gabardine yang dibuat oleh sang pendiri—Thomas Burberry—pada 1870. Kini, di tangan Ricardo Tisci di pucuk pimpinan, Burberry mengambil tampilan yang lebih muda.

4. Ted Baker

Inilah salah satu merek gaya hidup terkemuka dengan pertumbuhan cepat di Inggris setelah memulai sebagai perusahaan pakaian pria di Glasgow pada 1987. Ted Baker dikenal dunia karena rangkaian busananya yang eksentrik dan komersial serta desain berkualitas tinggi yang mendetail. Penggunaan pola dan warna yang khas menjadikan produk Ted Baker sangat eksklusif.

5. Alexander McQueen

Perancang busana terkemuka asal Inggris dan pakaian industri mewah ini melahirkan fashion brand Alexander McQueen pada 1992. Nama besarnya telah mengantarkan merek ini menembus pasar dunia. McQueen kini menjadi rumah mode mewah modern dengan banyak desainer selebriti di dalamnya. Perusahaan ini membuat pakaian fantastis yang membentuk kisi seni mode.

6. Temperley London

Temperley London didirikan oleh perancang busana Alice Temperley pada tahun 2000. Konstruksi produk ini antara lain melibatkan hiasan tangan yang indah dan mempertahankan tampilan artistik dan corak pakaian. Fokus bisnis utama Temperley London adalah produk busana wanita, seperti gaun yang siap pakai untuk acara apa pun. Salah satunya gaun outfit of the day yang santai menyenangkan.

7. Lulu Guinness

Fashion brand ini mulai hadir di tengah masyarakat sejak 1989. Lulu Guinness melahirkan banyak item pakaian jadi dan kini beroperasi secara global. “Dare to be Different” adalah slogannya saat ini. Bagi Lulu Guinness, tahun 2017 merupakan tonggak sejarah karena peluncuran alas kaki dan Ready to Wear yang membuat bisns berkembang pesat dan menjadi salah satu yang terbesar di Inggris.

8. Ozwald Boateng

Tak syak lagi, Ozwald Boateng adalah perancang busana Inggris populer dengan gaya menjahit klasik yang dipadukan dengan desain modern untuk sentuhan khasnya. Ozwald Boateng dianggap sebagai salah satu desainer mewah top Inggris karena gayanya dalam memperkenalkan penjahitan kepada generasi baru. Boateng membuka toko pertamanya di Savile Street, London.

9. Paul Smith

Paul Smith dikenal sebagai perancang busana papan atas Inggris karena gaya artistiknya serta kombinasi antara tradisi dan modernisme. Sejak 1970, Paul Smith terus mendorong perusahaan sehingga telah menjadi “classic with a twist”. Kreasi Paul Smith ditempatkan di antara pakaian kasual dan formal kelas atas sekaligus label mode Inggris terbaik berkat gaya produknya yang luar biasa.

10. Stephen Jones

Perusahaan pakaian Stephen Jones mengkhususkan diri pada topi yang dibuat khusus yang sesuai dengan berbagai keperluan sejak 1980. Misalnya, topi koboi, topi baseball, dan baret. Di samping itu, bisnis Stephen Jones juga merambah dan memasarkan syal berkualitas.  Tahun 1990-an, diluncurkan lini difusi Miss Jones dan memperkenalkan label Jonesgirl yang melayani pasar Jepang selama 1993.

11. Oliver Spencer

Merek ini didirikan pada 2002 oleh sang perintis, Oliver Spencer. Mulanya, ia adalah seorang penjahit yang belajar autodidak sekaligus penjaga toko di sebuah kios pasar. Di bidang fashion, Oliver Spencer berkeinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan serangkaian pakaian berkualitas tinggi. Inovasi ini dipadukan dengan kerajinan menjahit premium dengan gaya modern. *

 

Silakan baca: 

Inilah Lima Kota Mode Dunia, Salah Satunya Markas Rossoneri

5 Merek Fashion Lokal Tembus Pasar Internasional