Toilet Jadi Unsur Penting Ciptakan Pariwisata Berkualitas

Toilet pariwisata
Ilustrasi toilet yang bersih dan nyaman. (Foto Pixabay)

 

BandungKlik – Destinasi wisata yang indah dan ciamik akan berkurang peminatnya jika tak ditunjang dengan toilet yang bersih dan terawat. Toilet di destinasi wisata menjadi salah satu unsur penting dalam pariwisata. Bahkan bisa menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang.

Terutama untuk mendukung terciptanya pariwisata Indonesia yang berbasis quality tourism dan program sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) yang sedang dicanangkan dapat berjalan dengan baik.

Terkait hal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI). Tujuan kerja sama tersebut untuk merevitalisasi toilet di rute perjalanan pariwisata.

Mengutip dari @kemenparekraf.ri, ada 4 spot prioritas revitalisasi toilet untuk menunjang pariwisata berkualitas. Diantaranya toilet di bandara, destinasi wisata alam, taman rekreasi, dan penginapan sejenis homestay.

Revitalisasi toilet tahap awal yang dilakukan Kemenparekraf akan difokuskan pada 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia, antara lain Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, dan Candi Borobudur. Lokasi destinasi wisata lainnya diproyeksikan menyusul, sehingga revitalisasi dapat menyeluruh.

Silakan baca: Toilet di Danau Toba akan Dikelola Mister Loo

Beberapa hal yang akan menjadi perhatian utama dalam revitalisasi toilet untuk mewujudkan pariwisata berkualitas, meliputi:

  • Kebersihan: Kebersihan menjadi yang paling penting. Toilet harus bersih, kering, dan terawat.
  • Ventilasi udara: Ventilasi udara berguna agar toilet tidak bau atau tidak pengap, jadi para wisatawan akan nyaman menggunakan toilet.
  • Material toilet: Material toilet tahan lama, modern, mudah dibersihkan, dan tidak mudah lapuk.
  • Keterjangkauan: Letak toilet mudah dijangkau dan ditemukan sesuai rute dengan rute wisata. Jadi diperlukan semacam plang petunjuk.
  • Ramah Difabel: Akses dan fitur toilet yang ramah, nyaman, dan mudah digunakan oleh teman-teman berkebutuhan khusus.*