Toilet di Danau Toba akan Dikelola Mister Loo

kuliner Khas Danau Toba
Danau Toba. (dok. maritim.go.id).*

 

BandungKlik – Toilet di kawasan wisata Danau Toba akan dikelola perusahaan internasional Mister Loo. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Mister Loo merupakan perusahaan yang konsep asalnya muncul di Swiss yang bergerak di bidang sanitasi toilet umum kelas premium. Mereka menawarkan fasilitas sanitasi yang bersih dan mutakhir pada toilet umum.

Hingga saat ini, kata Luhut, ada 25 toilet umum yang sudah dibangun hasil corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Pengelolaan selanjutnya akan diserahkan kepada Mister Loo.

“Ada 25 toilet yang dibangun di spot-spot turis di Toba. Ini CSR dari beberapa perusahaan. Dan sekarang kita kontrakan kepada namanya Mister Loo yang punya organisasi secara internasional ngurus WC,” ujar Luhut via akun Instagramnya @luhut.pandjaitan, Minggu (14/2/2021).

Menurutnya keberadaan toilet sangat penting apalagi di spot-spot pariwisata.

“WC itu penting, karena di tempat-tempat spot turis kalau enggak ada WC, enggak ada air, tidak ada gunanya. Nah, airnya kita ambil, kita bikin sumur, tarik ke atas sehingga itu berjalan. Kita berharap 25 toilet ini harus bersamaan selesainya dengan semua, dari dermaga Porsea, Balige, dan sebagainya,” tuturnya.

Kata Luhut menjelaskan, toilet-toilet tersebut tersebar di beberapa kawasan proyek yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Kawasan tersebut antara lain Dermaga Porsea, Dermaga Balige, Dolok Sipiak, dan Hutan Siallagan Pulau Samosir.

Dolok Sipiak adalah tempat yang pernah dikunjungi oleh Raja Belanda. Sedangkan Huta Siallagan Pulau Samosir adalah tempat pengadilan, pemancungan ratusan tahun lalu. Belum lama ini tempat tersebut dikunjungi oleh Presiden Jokowi. *

Silakan baca:

#BeliKreatifDanauToba, Bangkitkan UMKM di Danau Toba