BandungKlik – Jika barang bawaan Anda tertinggal di stasiun atau di atas kereta api, tenang dan jangan panik. Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

Minat masyarakat menggunakan kereta api saat mudik Lebaran semakin meningkat, baik kereta lokal maupun kereta jarak jauh. Pastinya hal ini dibarengi oleh terus meningkatnya fasilitas dan tingkat kenyamanan dan keamanan di kereta api.

“Jumlah pelanggan kereta api terus mengalami peningkatan seiring dengan makin membaiknya penanganan wabah Covid-19,” kata VP Presdent Public Relations KAI Jon Martinus.

Kata dia, hal tersebut juga dikarenakan dibukanya berbagai pembatasan mobilitas yang dilakukan pemerintah. Faktor lainnya yang mendorong peningkatan ini adanya layanan seperti WiFi di stasiun, ruang tunggu yang nyaman dan kamera CCTV di berbagai titik.

Namun demikian, meningkatnya volume angkutan kereta api berdampak juga pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang telah diamankan oleh petugas. Selama periode Januari – Desember 2022, tercatat 4.984 barang tertinggal yang berhasil diamankan petugas. Barang-barang tersebut telah dimasukkan pada sistem basis data Lost and Found.

“Dari jumlah tersebut, di antararanya 4.546 sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal tak jarang merupakan jenis barang berharga, seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor WNA,” kata Joni menerangkan.

Penemuan barang

Dalam hal penemuan barang di atas kereta atau stasiun, KAI akan langsung menyampaikan pengumunan atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara. Jika tidak ada pihak yang mengambil, maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun. Setelah itu, barang dimasukkan pada pendataan sistem Lost and Found milik KAI.

Jika barang Anda tertinggal di stasiun atau di atas kereta, lakukan langkah berikut.

  1. Tetap tenang dan jangan panik. Cobalah untuk mengingat lokasi terakhir kali barangnya terlihat.
  2. Buat laporan kepada petugas Customer Service on Station, petugas keamanan atau kunjungi bagian Lost and Found.
  3. Pelanggan juga bisa menghubungi Contact Center 121 melalui telepon 121, WA 081112111121 atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.
  4. Sampakan ciri-ciri barang yang hilang dan kode booking tiket jika barangnya tertinggal di atas kereta api.
  5. Apabila laporan dilakukan melalui Contact Center 121, maka pelanggan kereta api akan mendapatkan informasi status barang tertinggal melalui telepon, email, atau DM.
  6. Hindari memberikan informasi kode booking atau detail barang kepada pihak yang tidak berkepentingan.*

Silakan baca:

Jadwal Kereta Api Priority & Panoramic 12 April – 5 Mei 2023 

 

Sumber: kai.id