BandungKlik – Liburan adalah suatu hal yang menyenangkan termasuk memotret momen kebersamaan keluarga di tempat wisata. Berikut ini tips memotret momen ini agar liburan semakin menyenangkan dan penuh kenangan.

Riset lokasi liburan

Tak ada salahnya melakukan riset kecil-kecilan tentang lokasi yang hendak menjadi destinasi liburan Anda. Riset di internet atau bertanya kepada kenalan tak jadi soal. Dari informasi yang diperoleh boleh jadi Anda dapat mengetahui spot-spot foto mana saja yang nanti bakal menjadi tempat untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

Memahami budaya lokal

Ini mungkin bisa jadi perhatian khusus apalagi berkaitan dengan hal tabu. Oleh karena itu, bertanyalah kepada orang yang tepat. Beberapa tempat di Jepang melarang penggunaan “tongsis” untuk berswafoto. Sementara itu, menunjukkan kemesraan di depan umum, seperti halnya di UEA bisa berakibat Anda ditahan pihak berwajib.

Lakukan survei

Jika memungkinkan, Anda dapat melakukan survei. Dengan begitu, Anda bisa menemukan lokasi untuk memotret yang cepat sebelum menyertakan keluarga apalagi dalam jumlah besar.

Gunakan peralatan yang tepat

Kamera dalam ponsel pintar adalah fitur hebat. Namun, dengan kamera yang tepat Anda dapat membingkai lebih banyak detail dan warna yang lebih baik. Selain itu, gambar yang dihasilkan beresolusi tinggi yang memungkinkan Anda memotong foto tanpa kehilangan kualitas gambar.

Pilih perlengkapan yang ringan

Pilih peralatan dan perlengkapan yang praktis dan ringan sehingga tidak memberatkan ketika bersenang-senang bersama keluarga.

Kurangi “me time” dengan kamera

Bukan rahasia, memotret adalah kegiatan antara kita dan kamera. Namun, saat liburan bersama keluarga, mungkin lebih bijak jika dapat membagi waktu antara “me time” dengan kamera dan bercengkerama bersama keluarga.

Bikin kenangan bersama

Membuat kegiatan-kegiatan kecil yang menyenangkan akan menambah momen indah yang diabadikan melalui kamera. Momen ini belum tentu bisa terulang kembali.

memotret momen liburan keluarga

Fokus pada orang

Kenyataannya, saat memotret sering kali perhatian kita teralihkan oleh landmark atau lanskap yang menakjubkan. Oleh karena itu, fokus sejenak pada keluarga kita, berkumpul lalu berpose dan hadirkan mereka dua per tiga bagiannya dalam bingkai foto.

Pahami pengaturan kamera

Ini penting, jangan sampai anggota keluarga yang sudah siap difoto harus menunggu kita mengatur kamera dulu.

Hindari cahaya matahari siang hari

Ini juga tak kalah penting, bahkan sering kali “dipaksakan” karena berbagai alasan. Saat inilah cahaya sangat terang dan tidak menunjukkan warna kulit wajah kita karena bayangan yang dalam dan pencahayaan yang berlebihan. Untuk mendapatkan hasil foto yang jauh lebih baik, pilihlah pagi atau sore agar memperoleh cahaya yang lebih lembut. *

Silakan baca: 

Memotret dan Jenis-Jenis Sudut Pengambilan Gambar

Fotografi Jalan-Jalan, Traveler Harus Tahu

 

Sumber: @kelasgarasi