Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat
Ragam makanan pendukung diet sehat sukses turunkan berat badan. (Foto Pixabay)

 

BandungKlik – Menurunkan berat badan kadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Ternyata diet sukses itu tak hanya diukur dari seberapa cepat berat badan turun, tapi juga bagaimana kita menjaga berat badan agar tetap stabil. Hal paling penting dalam melakukan diet, yakni gaya hidup sehat dijalani secara konsisten agar hasil yang dicapai bertahan lama.

Diet sehat sebenarnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Ada tiga faktor utama yang perlu diperhatikan agar diet sehat dapat tercapai dengan sukses. Antara lain pengendalian nafsu makan, penurunan berat badan secara bertahap, dan peningkatan metabolisme tubuh.

Selain memperhatikan tiga faktor di atas, Anda juga bisa mengikuti tips diet sukses menurunkan berat badan berikut ini yang dirangkum dari laman Alodokter.

Jangan Lupa Sarapan

Banyak opini yang menyarankan untuk tidak sarapan saat melakukan diet, padahal cara ini kurang tepat. Sebenarnya banyak manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh, antara lain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan energi, mengatur nafsu makan, hingga mencegah makan berlebihan.

Jika tidak sarapan, tubuh bisa kekurangan nutrisi dan energi, sehingga kita kurang bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidak sarapan bisa meningkatkan nafsu makan di siang hari. Dorongan makan berlebihan akan begitu kuat. Hal tersebut bisa mengganggu program diet.

Mengurangi Karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat sangat penting untuk mencapai diet sukses menurunkan berat badan. Maka kurangi makanan yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana, seperti kue kering, roti, pasta, dan puding.

Sebagai penggantinya, bisa mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat. Seperti kacang-kacangan, pisang, roti gandum, dan nasi beras merah. Dengan begitu, kita pun akan lebih mudah kehilangan berat badan tanpa rasa lapar berlebih.

Hindari minuman beralkohol

Jenis minuman beralkohol, termasuk anggur (wine), mempunyai kandungan kalori yang tergolong tinggi. Jika terlalu banyak mengonsumsi minuman ini dapat menyebabkan berat badan bertambah.

Silakan baca: Campurkan 7 Bahan Ini, Minuman Makin Berkhasiat

Bukan hanya minuman beralkohol, kita juga perlu menghindari minuman manis yang tinggi kalori dan gula, seperti jus buah kemasan, minuman bersoda, dan sirop, agar diet dapat berjalan dengan lancar.

Jauhi makanan siap saji

Makanan siap saji atau junk food umumnya tinggi kalori, kolesterol, dan garam, serta rendah nutrisi. Jika dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan peningkatan berat badan bahkan obesitas. Selain itu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Makanya, untuk mendukung program diet sekaligus menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya kita hindari konsumsi makanan siap saji dan perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi seimbang.

Olahraga Secara Rutin

Berbagai jenis olahraga sangat dianjurkan saat kita sedang menjalani diet. Seperti olahraga bersepeda, latihan angkat beban, joging, jalan kaki, dan berenang. Dengan olahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

Silakan baca: Jenis Olahraga Sesuai dengan Kelompok Usia

Alangkah baiknya, memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik Anda dan lakukan secara rutin. Agar bisa menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, disarankan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari atau setidaknya lima kali per minggu.

Makanan Pendukung Diet Sukses

Dalam menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, disarankan mengonsumsi makanan pendukung diet. Jenis makanannya yang mengandung sumber protein dan lemak baik.

Sumber protein meliputi daging sapi tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit, ikan, udang, dan telur. Sedangkan makanan yang mengandung lemak baik, semisal minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, keju, yoghurt, dan kacang.

Mengonsumsi sayuran kaya akan serat dan rendah karbohidrat juga sangat baik untuk mendukung diet sukses menurunkan berat badan. Beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat diet, antara lain sayuran hijau (termasuk bayam, brokoli, dan kale), kembang kol, kubis, wortel, ubi, kentang, timun.

Jangan lupa juga mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral. Asupan ini baik untuk mendukung diet sukses dan melancarkan pencernaan.

Beragam tips diet sukses menurunkan berat badan di atas akan berhasil, apabila dijalani secara konsisten dan teratur. Namun, jika belum berhasil mencapai berat badan ideal atau memiliki kondisi medis tertentu, segera konsultasikan ke dokter untuk menentukan diet yang sesuai kondisi Anda.*