Tips Anti Bosan Saat Berkunjung ke Museum

Tips Berkunjung ke Museum
Seorang pengunjung sedang melihat koleksi dokumentasi di Museum KAA. (Iwan Gunaesa/Bandung Klik).*

 

Bandungklik – Museum sebagai destinasi wisata edukasi sering kali menjadi pilihan terakhir bagi sebagian masyarakat. Mayoritas beralasan karena museum cenderung membosankan. Padahal selain mendapat kesenangan, berkunjung ke museum mendapat banyak pengetahuan.

Berkunjung ke museum, menjadi pilihan tepat untuk mengajak sang buah hati berekreasi sambil belajar. Nah untuk mengatasi rasa bosan yang mungkin akan terjadi, Anda bisa mengikuti beberapa tips ke museum berikut ini.

Cari Hal yang Disukai

Sebelum menentukan untuk berwisata ke museum, penting untuk mengetahui hal apa yang sebenarnya kita sukai, misalnya hal sejarah atau koleksi apa yang disukai. Untuk mendapatkan informasi tersebut, bisa didapat melalui beragam jenis media, misalnya internet, televisi, koran, atau media sosial.

Jika sudah menemukan hal yang menarik, kita akan terpanggil untuk datang langsung ke museumnya. Cara ini akan memudahkan kita saat menangkap ilmu atau pengetahuan yang disediakan museum. Kita pun akan merasa lebih puas dan senang saat meninggalkan museum.

Datang Sesuai Momen

Momen yang tepat akan menjadi daya tarik untuk mengunjungi museum. Contohnya, kita berkunjung ke Museum Pancasila Sakti atau yang lebih dikenal dengan Museum Lubang Buaya, bertepatan dengan peristiwa G30 S/PKI. Atau datang ke Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, saat ada peringatan KAA yang biasa digelar setiap April. Beberapa museum juga punya acara khusus yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi lebih dengan adanya acara khusus ini.

Cari Tahu Koleksi Terbaik  

Tips berikutnya, pastikan kita mencari tahu koleksi terbaik atau istimewa yang ada di museum yang akan dikunjungi. Jangan sampai saat sudah pulang, ternyata ada koleksi terpenting di museum tersebut yang terlewatkan.

Tentukan Waktu yang Tepat

Menentukan waktu yang tepat untuk berkunjung menjadi salah satu cara agar kita bisa menikmati wisata ke museum dengan optimal. Bagi yang mempunyai waktu luang, lebih baik datang di hari-hari biasa, bukan akhir pekan.

Berkunjung di hari biasa lebih nyaman karena suasana cenderung sepi. Dengan begitu, kita bisa menikmati semua koleksi yang ada di museum tanpa banyak mendapat gangguan dari pengunjung lain. Sehingga mengasyikkan berlama-lama di museum.

Pilih Pakaian yang Nyaman

Pilihan pakaian cukup berpengaruh saat melakukan kegiatan wisata. Jika pakaian dan alas kaki yang dikenakan nyaman, kita bisa menikmati keindahan museum dengan lebih leluasa. Sebaliknya, jika berpakaian yang tidak nyaman, akan membuat perhatian kita terpecah. Namun yang terpenting, selain nyaman, pakaian harus tetap dalam batas kesopanan.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba saat melakukan kegiatan wisata edukasi ke museum. Semoga bermanfaat!*

 

Silakan baca:

Menilik Peristiwa Sejarah di Bawah Monpera Jabar

Rafting dan Tubing di Sungai, Ini Bedanya