Tips Aman dan Nyaman Berwisata Ke Gunung Bromo

tips aman bromo
Sejumlah jip melaju di lautan pasir Bromo Jawa Timur. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur menyajikan sejuta pesona yang mengagumkan. Ada banyak tips aman dan nyaman ketika mangunjungi Bromo yang ditulis para pelancong.

Silakan baca:

Menikmati Sunrise dan Keeksotisan Gunung Bromo

Kawah Bromo, Menyajikan Segudang Pesona dan Ritual

Seturut pengalaman, berikut BandungKlik sajikan tips aman dan nyaman berwisata ke Bromo :

1. Usahakan sudah tiba di terminal di Sukapura Kabupaten Probolinggo sekira pukul 03.00 WIB. Jika menginap di sekitar lokasi, mintalah kepada petugas atau pemilik penginapan untuk membangunkan Anda lebih awal.

2. Pastikan memperoleh jip sewaan yang dapat dipesan sejak malam. Jika belum mencapai kuota angkut, Anda bisa urunan dengan beberapa wisatawan.

3. Pakailah jaket atau perlengkapan lain seperti syal, sarung tangan dan tutup kepala untuk membantu mengurangi rasa dingin. Di pemberhentian jip di Sukapura banyak dijumpai pedagang yang menjual perlengkapan tersebut. Anda dapat membelinya dengan harga terjangkau. Di Penanjakan tempat melihat sunrise, ada juga jasa penyewaan jaket.

4. Lebih baik gunakan sepatu ketimbang sandal. Sepatu akan membantu mobilitas perjalanan Anda saat berada di lautan pasir di kaki Bromo dan menaiki anak tangga dinding kawah. Jika diperlukan, gunakan masker untuk menghalangi daerah mulut dan hidung dari debu pasir. Bekalah air minum seperlunya.

5. Ingatlah jip yang Anda tumpangi atau meminta nomor kontak sopirnya. Hal ini untuk memudahkan agar tidak keliru. Selama perjalanan pergi-pulang Anda akan menggunakan jip yang sama hingga kembali ke tempat keberangkatan.

6. Dengan ongkos sewa terjangkau pilihlah kuda wisata jika ingin menikmati sensasi lain mendaki lautan pasir menuju kawah. Jika terlanjur berjalan kaki tetapi pada setengah perjalanan ingin naik kuda, Anda bisa menawar ongkos sewa.

7. Siapkan kamera foto atau video untuk mengabadikan momen terbaik bagi Anda yang gemar fotografi. *

Silakan baca:

Berkuda di Lautan Pasir, Cara Mudah Menuju Kawah Bromo

Ke Savana Teletubbies Bromo, Tak Perlu Menunggu Dipsy