Tips Aman dan Nyaman Berwisata di Masa Pandemi

tips aman berwisata
Rafting di Pangalengan Kabupaten Bandung. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik). *

 

BandungKlik – Libur Lebaran telah tiba. Berwisata bukan sekadar mengedepankan suasana yang menyenangkan dan nyaman. Lebih dari itu, aspek keamanan sangat penting diutamakan demi keselamatan selama beraktivitas. Terlebih, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda dan diberlakukannya pembatasan pengunjung di objek wisata. Namun, terkadang wisatawan abai akan hal-hal kecil tetapi berpotensi akibat fatal hingga mengancam jiwa. Berikut tips aman dan nyaman berwisata di masa pandemi:

Cek lokasi wisata

Ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan terhadap kondisi destinasi atau aktivitas wisata sebelum berkunjung. Pilihlah destinasi yang aman, bisa melalui internet atau informasi dari kerabat Anda yang sudah pernah berkunjung ke destinasi yang hendak dituju.

Pilih operator kompeten

Jika Anda hendak berwisata petualangan atau wisata minat khusus yang terbilang ekstrem, pilihlah operator yang kompeten. Pastikan operator memiliki standar operasional prosedur yang baik dan peralatan yang memenuhi standar keselamatan. Jangan tergiur operator yang memasang harga murah tetapi tidak memperhatikan keselamatan wisatawan.

Patuhi aturan

Khususnya di destinasi wisata alam, rambu-rambu berwisata umumnya sudah dipasang pengelola atau pihak otoritas. Bukan pajangan, rambu-rambu itu untuk menjadi prioritas perhatian pengunjung dan mesti dipatuhi demi keamanan dan keselamatan.

Taati pemandu

Ini adalah salah satu kunci aman berwisata. Ikutilah apa yang dianjurkan dan diinstruksikan pemandu secara seksama, biasanya saat safety talk. Anda tidak perlu melakukan hal-hal yang bisa membahayakan diri sendiri, apalagi tanpa sepengetahuan pemandu.

Ekstra hati-hati saat berfoto

Perhitungkan dan ekstra hati-hati pada setiap langkah saat hendak berfoto. Pilihlah tempat yang benar-benar “ramah” seperti tempat yang datar, tidak licin ataupun terjal.

Hindari pose ekstrem

Berfoto atau berpose di lokasi yang antimainstream memang seringkali menjadi incaran para wisatawan. Akan tetapi, ada baiknya Anda memprioritaskan keselamatan diri. Gunakanlah kreativitas untuk mengambil sudut sederhana tetapi hasil foto tetap terlihat bagus dan keren.

Unggah foto di tempat aman

Kadangkala hal ini suka diabaikan lantaran ingin cepat-cepat diunggah dan dibagikan di media sosial. Mengunggah foto di tempat yang kurang aman bisa memalingkan konsentrasi Anda terhadap lingkungan sekitar. Unggahlah foto saat sudah benar-benar berada di tempat yang aman.

Nikmati momen tanpa berlebihan

Bukankah berwisata itu sesuatu yang menyenangkan (fun)? Pahamilah bahwa keselamatan Anda jauh lebih penting ketimbang momen yang didapatkan dalam bidikan kamera. Jangan sampai keinginan berlebih untuk mendapatkan momen membuat Anda abai akan pentingnya keselamatan diri. Nikmatilah setiap momen perjalanan dan kegiatan wisata Anda dengan santai dan menyenangkan.

Tetap terapkan protokol kesehatan

Selalu memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun selama berada di objek wisata. *

 

Silakan baca: 

Tips Rekreasi ke Theme Park, Biar Tambah Asyik

Tips Anti Bosan Saat Berkunjung ke Museum

Kiat Aman Bermain Rafting Bagi Pemula