Kiat Aman Bermain Rafting Bagi Pemula

Rafting
Wisatawan memulai rafting di Sungai Palayangan dari Situ Cileunca, Pangalengan Kabupaten Bandung. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Anda pernah bermain rafting? Bagaimana rasanya main pertama kali? Seru atau malah menakutkan? Ya, meskipun terbilang olah raga menantang dan memacu adrenalin, rafting bisa dilakukan siapa saja walau tak pandai berenang. Jika Anda pemula dan hendak berarung jeram, kiat berikut bisa diperhatikan sebelum Anda mencobanya.

1. Tubuh harus fit

Hal utama yang harus Anda penuhi sebelum rafting adalah memastikan tubuh dalam kondisi sehat atau fit.

2. Pemanasan

Lakukan pemanasan secukupnya sebelum bermain. Hal ini untuk mengurangi risiko tangan atau kaki keram saat mengayuh atau menahan arus.

3. Menyimak safety talk

Sebelum pengarungan biasanya pemandu akan menyampaikan sejumlah hal penting mengenai safety talk atau pengarahan keselamatan. Simak dengan seksama dan ikutilah dengan baik apa yang diinstruksikan pemandu.

4. Menggunakan pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman dan mudah kering seperti berbahan katun dan celana pendek. Usahakan menggunakan sandal gunung agar tidak mudah lepas terbawa arus liar.

5. Selalu memakai jaket pelampung dan helm

Gunakan selalu helm pelindung dan jaket pelampung yang disediakan operator atau penyedia jasa rafting selama pengarungan. Pilih pelampung sesuai ukuran tubuh Anda. Begitu juga dengan helm, gunakan ukuran yang pas dan pastikan talinya berfungsi baik.

Silakan baca:

Bersantai di Tengah Debur Curug Pelangi

6. Posisi duduk

Ikuti instruksi di mana sebaiknya Anda duduk. Biasanya pemandu akan mengatur posisi sesuai berat badan peserta.

7. Menggunakan dayung dengan benar

Menggunakan dayung tidak asal-asalan. Pemandu akan menjelaskan teknik yang tepat saat pengarahan.

8. Saat terjatuh

Apa yang harus dilakukan? Jangan panik dan segera cari perahu Anda. Biasanya ketika seseorang terjatuh dari perahu, ia akan muncul tepat di samping perahu. Raihlah perahu agar Anda tidak hanyut. Pemandu akan membahas hal ini secara detail saat safety talk.

9. Perahu terbalik

Kemungkinan perahu terbalik bisa saja terjadi. Pada beberapa kejadian, peserta akan berada di dalam perahu yang terbalik dan suasana yang gelap. Tetap tenang dan jangan panik. Berusahalah keluar dari perahu yang terbalik dengan cara menyelam untuk menghindari risiko terkena batu.

Kini, Anda siap untuk bermain rafting bersama teman-teman atau keluarga. *

Silakan baca:

Rafting dan Tubing di Sungai, Ini Bedanya