BandungKlik – PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah membuka tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran 1444 H sejak Ahad (26/2/2023). Dengan demikian, masyarakat punya opsi lagi soal transportasi untuk merencanakan perjalanan mudiknya.

Tahun ini, KAI menetapkan masa angkutan Lebaran pada H-10 sampai dengan H+10 atau 12 April hingga 3 Mei 2023. KAI menjual tiket angkutan Lebaran ini mulai H-45 sebelum keberangkatan. Dengan begitu, per 27 Febaruari 2023, tiket yang sudah dapat dibeli untuk keberangkatan 12 April dan 13 April 2023.

Hingga saat ini, tiket yang terjual untuk keberangkatan 12 dan 13 April 2023 sudah berkisar 2%. “Angka ini tentunya akan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman kai.id.

Disebutkan, pada angkutan Lebaran 2023, KAI menyediakan sekitar 3,5 juta tiket kereta api mencakup tiket kereta lokal dan jarak jauh. Kata Joni, KAI akan terus memantau dan mengevaluasi pergerakan dari penjualan tiket tersebut.

Selain itu, Joni juga mengatakan ada penambahan tiket guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengantisipasi melonjaknya penumpang pada masa angkutan Lebaran. KAI berencana menambah kuota tiket dan jumlah perjalanan kereta api. Hal ini dilakukan setelah adanya analisa dan evaluasi terkait dengan dinamika permintaan tiket Lebaran tersebut.

Syarat naik kereta

Terkait syarat naik kereta, sejauh ini KAI masih menerapkan aturan naik kereta api sesuai SE Kementerian Perhubungan No. 84 Tahun 2022. Aturan lainnya berdasarkan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Seandainya nanti pemerintah menetapkan perubahan persyaratan naik kereta api, maka KAI akan turut mendukung dan mematuhi kebijakan tersebut. Tentunya, KAI juga akan segera menyosialisasikannya kepada masyarakat.

Joni berharap, mudik Lebaran tahun ini dengan kereta api semakin aman dan nyaman. “Layanan KAI di masa angkutan Lebaran diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang hendak mudik dengan aman, nyaman, dan selamat,” ujarnya. *

Silakan baca:

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya