Tiga Strategi Jawa Barat Bangkitkan Industri Pariwisata

pariwisata jawa barat
Pantai Pangandaran salah satu objek wisata alam unggulan di Jawa Barat. (Helmy).*

 

BandungKlik – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) sedikitnya menyiapkan tiga strategi untuk membangkitkan industri pariwisata.

Upaya mempercepat pemulihan industri pariwisata disiapkan untuk mendongkrak perekonomian sekaligus mengendalikan penyebaran Covid-19. “Kami memiliki sejumlah pilar sebagai strategi dalam rangka mengakselerasi pariwisata dan kebudayaan di Jawa Barat,” ujar Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik, dikutip dari Antara, Senin (31/5/2021).

Dedi mengatakan strategi pertama adalah menguatkan kekuatan budaya Jawa Barat. Provinsi ini, kata dia, punya zona budaya seperti Sunda Betawi, Sunda Priangan di wilayah metropolitan Bandung dan sekitarnya serta Cirebonan.

“Kekuatan itu akan diangkat melalui sebuah ekspansi budaya di masing-masing kota dan kabupaten di masa pemulihan ini,” ujar Dedi.

Strategi kedua, menguatkan sumber daya manusia. Sebab, di masa adaptasi kebiasaan baru ada adaptasi internal dan eksternal pariwisata yang sigap menyesuaikan terhadap kondisi pandemi.

Strategi selanjutnya adalah mengembangkan konten destinasi mulai dari destinasi berbasis religi, alam hingga buatan. Namun, pihaknya lebih memprioritaskan pariwisata berbasis alam karena dinilai lebih sesuai dengan kondisi pandemi.

“Selain destinasi alam tadi, dalam situasi seperti ini yang kita inginkan ekonomi kreatif kita jalan. Karena Jawa Barat ada keunggulan di film, fashion, kuliner, dan kriya,” ujar Dedi mengimbuhkan.

Yang tak kalah penting, masih kata Dedi, pendekatan ke 5.312 desa. Kini ada 215 desa wisata yang harus punya basis keunikan baik kesenian, budaya, kerajinan, keunikan di alam dan lainnya.

Pihak pemerintah provinsi terus berkoordinasi dengan pemerintah kota/ kabupaten termasuk dalam hal penerapan protokol kesehatan Covid-19 di destinasi wisata. Kedisiplinan pengelola dan pengunjung merupakan salah satu kunci keberhasilan industri pariwisata Jawa Barat bisa bangkit dari keterpurukan.

“Di tahun 2022, kita berharap nanti ada sebuah penormalan-penormalan. Ini juga diawali dengan pemulihan, kita punya strategi-strategi,” kata Dedi. *

Silakan baca: Pemprov Jabar Luncurkan Kalender Event Jawa Barat 2021

Silakan baca: Tujuh Wisata Gunung Terfavorit di Jawa Barat