Tiga Objek Wisata Menarik Eks Pabrik Gula di Solo Raya

wisata solo raya
The Heritage Palace, wisata eks pabrik gula di Solo Raya.

 

BandungKlik – Solo Raya di Jawa Tengah mencakup wilayah Surakarta, Boyolali, Sukaharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan Klaten atau disingkat Subosuwonokraten. Potensi wisata Solo Raya cukup beragam, termasuk wisata sejarah berupa peninggalan eks Pabrik Gula (PG).

Berikut ini ada tiga eks Pabrik Gula yang disulap menjadi objek wisata Solo Raya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

De Tjolomadoe

Objek wisata ini merupakan hasil revitalisasi PG Colomadu. De Tjolomadoe menyajikan fasilitas dan keindahan, seperti peninggalan arsitektur PG Colomadu yang masih dipertahankan, museum pabrik gula, tempat pagelaran budaya dan pertemuan yang disewakan untuk umum, kafe outdoor, serta aula multiguna.

PG Colomadu yang memiliki luas area 6,5 ha tersebut, kini menjadi landmark baru bagi daerah tujuan wisata Karanganyar dan Surakarta. Bagi pemburu spot foto instagramable, tempat ini jadi pilihan tepat. Setiap sudut bekas pabrik gula yang awal berdirinya diprakarsai KGPAA Mangkunegara IV pada 8 Desember 1861 ini menjadi spot foto ciamik.

Silakan baca: 5 Destinasi Wisata Candi di Sekitar Borobudur

De Tjolomadoe yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No. 165, Desa Malangjiwa, Kabupaten Karanganyar itu, juga menyediakan Tjolo Koffie dan Besali Café. Cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai dengan nuansa kolonial Belanda.

Agrowisata Sondokoro Tasikmadu

Berikutnya ada Agrowisata Sondokoro yang berada di kompleks PG Tasikmadu. Kawasan peninggalan Belanda ini, di bawah pengelolaan PTPN Nusantara IX dan mulai dibuka untuk publik sejak 2005. Lokasinya di Jalan Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Kabupaten Karanganyar.

Agrowisata tersebut menggabungkan konsep agro dan industri gula dalam nuansa tempo dulu. Dilengkapi beragam fasilitas permainan anak-anak hingga dewasa, seperti dunia kreasi anak, wahana permainan mandi bola, jembatan gantung PAUD, outbound, taman lalu lintas, air cerdas, audio visual, kolam renang, rumah makan, suvenir, arena refleksi dan terapi, serta monumen mesin giling 1926.

Selain permainan, pengunjung juga mendapat edukasi di agrowisata yang berdiri di atas lahan 28 ha ini. Edukasi berupa proses pembuatan gula serta mengelilingi kawasan perkebunan tebu dengan sarana transportasi Spoor Teboe dan Spoor Goela.

The Heritage Palace

The Heritage Palace berlokasi di Jalan Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Destinasi wisata ini merupakan revitalisasi dari PG Gembongan yang dikembangkan oleh PT Gendhis Mas Sentosa.

Objek wisata tersebut berkembang menjadi wahana wisata keluarga yang di dalamya terdapat museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Museum Transportasi, Thee Kultur, Convention Hall, Kids Town, Food Street hingga Museum Industri.

Silakan baca: Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu

Tersedia pula Convention Hall dan Photo Product untuk acara birthday, wedding, seminar, exhibition, graduate, event, dan prewedding dengan tampilan bangunan yang lebih menarik karena mengusung gaya khas Eropa yang mewah dan megah.*

Sumber & Foto: visitjawatengah