BandungKlik – Saat berkunjung atau berlibur ke satu daerah akan lebih lengkap jika wisatawan juga mencicipi makanan khas daerah tersebut. Begitu pula saat datang ke Cianjur, wajib menikmati kelezatan aneka makanan khas Cianjur yang mungkin sulit ditemukan di daerah lain.

Makanan khas Cianjur tersebut cukup beragam, dari mulai menu untuk sarapan hingga buat oleh-oleh untuk dibawa pulang. Berikut ini ada tiga makanan khas Cianjur yang pas buat menu sarapan.

1. Lontong Garasi Cianjur

Lontong Garasi merupakan salah satu tujuan para penikmat kuliner yang sedang berkunjung ke Cianjur. Lokasinya ada di Jalan Dewi Sartika dan menempati sebuah bangunan yang awalnya difungsikan sebagai garasi. Bangunan inilah yang menjadi cikal-bakal lahirnya nama Lontong Garasi.

Umumnya lontong kerap disajikan dengan sayur dan kuah kari, namun berbeda dengan lontong kuah tahu yang banyak diminati warga Cianjur ini. Di dalamnya berisi irisan lontong dan tahu putih lalu dilumuri kuah santan dan sedikit kecap. Di atasnya ditaburi bawang goreng dan kerupuk.

Silakan baca: Manisan Buah, Oleh-Oleh Legendaris Cianjur

Keunikan lontong kuah tahu khas Cianjur, terletak pada tahu dan kuah santannya. Salah satu penjual lontong khas Cianjur yang terkenal yaitu Lontong Garasi. Yang sudah berjualan sejak 1980 di Jalan Dewi Sartika, Sinar Cianjur.

2. Geco Nusasari Pak Iding Cianjur

makanan khas cianjur

Kalau berkunjung ke Kabupaten Cianjur, wajib coba kuliner khas yang satu ini, namanya Geco. Makanan khas Cianjur yang merupakan singkatan dari taoge dan tauco dengan rasa yang membuat ketagihan. Ciri khasnya, adanya lumuran tauco yang merupakan bumbu makanan khas dari Cianjur.

Istimewanya, bumbu tauco dalam geco ini sendiri diolah dari biji kedelai yang telah direbus. Kemudian dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu dan dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi).

Dalam satu porsi geco, berisi potongan ketupat, rebusan taoge, mi sagu. Dengan siraman bumbu tauco ditumis bersama tomat, daun bawang, cabai, udang, dan kacang. Ditambah lagi dengan cuka lahang yang diperoleh dari nira aren ataupun kelapa. Di atasnya diberi topping irisan kentang goreng, tahu goreng, dan telur rebus.

Silakan baca: Berlibur ke Pantai Karang Potong Cianjur yang Memesona

Salah satu pedagang Geco yang masih bertahan dan masuk jajaran legendaris, yaitu Geco Pak Iding. Tempat ini telah berjualan sejak tahun 1948. Lokasinya berada di Jalan Siti Jenab, Desa Pamoyanan, Cianjur.

3. Bubur Ayam Cianjur

makanan khas cianjur

Menu makanan khas Cianjur untuk sarapan yang satu ini sudah cukup populer, bahkan penjualnya sudah bisa ditemukan di kota lain. Bubur ayam khas Cianjur terkenal dengan kelezatannya dan dapat ditemukan di setiap sudut kota Cianjur terutama saat pagi hari.

Ciri khas bubur ayam Cianjur sendiri, yaitu adanya toping pais bawang daun berkuah kuning yang rasanya gurih. Biasanya, pais atau pepes ini dicampur dengan jeroan ayam, seperti usus dan ati ampela.

Silakan baca: Lima Objek Wisata Keluarga Bersertifikat CHSE di Cianjur

Nah jika penasaran dengan rasanya, bisa langsung datang ke tempat salah satu penjualnya yang legendaris di Cianjur, namanya Bubur Ayam Sampurna yang sudah berjualan sejak tahun 1975. Beralamat di Jalan H. Agus Saleh No. 48, Solokpandan, Cianjur.*

 

 

Sumber & Foto: Disparpora Cianjur