BandungKlik – Kota Kendari di Sulawesi Tenggara (Sultra) menyimpan ragam kuliner yang menarik untuk dicoba. Wisata kuliner khas Kendari memiliki aneka menu yang terbaik dan juga unik dengan cita rasa yang autentik.

Soal kelezatannya tak usah diragukan lagi, hal ini sudah terbukti dengan mampunya kuliner khas Kendari ini bertahan hingga saat ini. Berikut ini ada tiga kuliner khas Kendari yang wajib dicoba saat berkunjung atau liburan ke sana.

Tiga kuliner d bawah ini tergolong jenis kue atau camilan. Selain enak memakan di tempat, ketiga camilan Kendari ini bisa juga menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Kue Bagea Kendari

Wisata kuliner di Kota Kendari akan terasa kurang lengkap jika tak menikmati Kue Bagea. Camilan yang satu termasuk jajanan tradisional kota di Sultra tersebut.

Kue Bagea merupakan jenis kue kering yang berbahan dasar tepung sagu dengan cita rasa manis. Agar penampilannya semakin menarik dan menjadi ciri khas, kue bagea Kendari biasanya diberikan kenari atau mete.

Silakan baca: Benteng Keraton Buton Wolio, Diakui Terluas di Dunia

Umumnya, kue bagea menjadi oleh-oleh khas Kota Kendari dengan harga jual yang terjangkau. Untuk mendapatkannya cukup mudah di Kendari karena setiap pusat oleh-oleh di sana pasti menyediakan kue manis yang satu ini.

Sinonggi Kendari

Makanan tradisional khas Kendari berikutnya, yaitu Sinonggi yang merupakan ciri khas makanan dari etnis Tolaki. Terbuat dari sagu dan bercita rasa sedap sekali dibandingkan dengan ikan dan sayur.

Makanan ini akan disajikan dengan sagu yang nantinya dimasak. Kemudahan kedua makanan tersebut akan dipisahkan tempatnya. Sagu ini nantinya akan dibuat bulat, cara penyajiannya ketika akan dimakan harus disiram dengan kuah sayuran ditambahkan dengan kuah ikan. Hingga saat ini menu makan yang satu ini sudah ada di berbagai hotel sebagai salah satu menu istimewa.

Lebih dari itu, Sinonggi ini telah menjadi menu paling pokok untuk menjamu tamu pemerintah setempat. Beberapa warung wisata kuliner di Kota Kendari juga sudah banyak yang menyediakan makanan khas ini.

Pisang Epe Kendari

Pisang Epe menjadi salah satu kuliner popular di Kota Kendari yang banyak sekali dijual di pinggir jalan. Makanan ini terdiri dari pisang kepok yang nantinya dibakar hingga setengah matang.

Silakan baca: Pesona Alami Taman Wisata Kea-Kea di Kolaka

Lalu pisang yang telah dibakar itu, dipijat sampai menjadi pipih dan diberikan berbagai macam topping. Jajanan ini memiliki cita rasa manis enak dan menjadi salah satu bagian utama dari wisata kuliner malam di wilayah perkotaan Kendari.