BandungKlik – Kabupaten Demak, di Jawa Tengah sejak lama sudah sohor dengan kiprah Wali Songo, Sunan Kalijaga, sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa. Namun di balik itu, juga menyimpan ragam kuliner khas Demak yang patut dicoba.

Berikut ini ada tiga kuliner khas Demak dari sekian banyak kuliner tradisional di sana, diantaranya:

Sop Balungan Demak

Sop Balungan merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Demak yang cukup populer. Bahkan menjadi salah satu incaran para pecinta wisata kuliner.

Masakan ini berupa olahan daging sapi dengan balungan atau tulangnya. Dengan kuah bening sehingga menghasilkan cita rasa gurih namu  tetap segar.

Memiliki sensasi sendiri ketika disantap. Terlebih sensasi saat menyesap tulang dan menggigit daging yang masih sedikit tersisa dipinggiran tulangnya.

Silakan baca: Sate Laler, Kuliner Malam di Rembang yang Wajib Dicoba

Tak hanya berisi tulang tua, sop balungan Demak juga berisi tulang rangu atau tulang muda sapi. Ditambah beberapa potongan sayuran, seperti wortel, kentang, tomat. Lalu ditaburi daun bawang segar dan brambang goreng, serta tidak ketinggalan potongan jeruk nipis.

Sedikitnya ada 5 tempat rekomendasi sop balungan jika wisatawan berkunjung ke Demak. Antara lain Sop Balungan Babe, Sop Balungan Mak Jah, Sop Balungan Mbak Tien, Sop Balungan Mas Tegar, dan Sop Balungan Rumah Makan Cipto Roso.

Klik halaman berikutnya