BandungKlik – Budaya Betawi menjadi ikon wisata budaya Ibu Kota DKI Jakarta. Untuk mengenalnya, ada tiga Kampung Budaya Betawi yang masih eksis melestarikan kebudayaannya hingga kini. Di antaranya Kampung Setu Babakan, Kampung Rawa Belong, dan Kampung Si Pitung.

Buat kalian yang penasaran atau tertarik mengenal lebih dekat budaya Betawi, bisa berkunjung ke sejumlah Kampung Budaya Betawi tersebut. Kegiatan ini bisa dilakukan sambil liburan akhir pekan di Jakarta.

Berikut pemaparan ketiga Kampung Budaya Betawi tersebut!

1. Kampung Setu Babakan

Tempat yang pertama ini mungkin yang paling populer. Namanya Kampung Setu Babakan yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kawasan ini juga menjadi yang paling tenar sebagai tempat untuk mencari tahu serba-serbi kebudayaan Betawi.

Di Kampung Setu Babakan, kalian bisa menikmati berbagai aktivitas wisata budaya. Di antaranya menyaksikan pagelaran seni musik, tari, dan teater tradisional khas Betawi. Kemudian melihat langsung aktivitas perkampungan budaya dan prosesi adat, membatik. Serta proses pembuatan bir pletok, salah satu kuliner khas Betawi.

Selain itu, di Kampung Budaya Betawi yang satu ini, pengunjung juga bisa menikmati objek wisata agro di perkebunan buah-buahan khas Betawi. Letaknya berada di pelataran perkampungan dan di halaman rumah-rumah penduduk. Ada pula spot wisata air seperti sepeda air, kano, dan memancing yang tak boleh dilewatkan.

Silakan baca: 7 Kuliner Jakarta Legendaris yang Wajib Dicoba

Kampung Wisata Setu Babakan bisa kalin kunjungi setiap hari. Tempat ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Alamat lengkapnya terletak di Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

2. Kampung Rawa Belong
Kampung Budaya Betawi
Seni persilatan Betawi di Kampung Rawa Belong

Berikutnya, ada Kampung Rawa Belong yang merupakan salah satu kampung legendaris dengan berbagai potensi seni dan budaya Betawi yang menarik. Terletak di Jalan Rawa Belong, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Tepatnya di pertigaan yang menghubungkan Jalan Rawa Belong, Jalan Palmerah, dan Jalan Kebayoran Lama.

Konon, Kampung Budaya Betawi ini sebagai tempat lahirnya sang legenda jawara Betawi, Si Pitung, sekitar tahun 1866. Bahkan bukan hanya Si Pitung, jawara Betawi lainnya seperti Mat Item dan sastrawan Betawi SM Ardan juga pernah tinggal di kampung ini.

Di samping itu, Kampung Rawa Belong pun menjadi tempat berkembangnya seni persilatan Betawi yang bernama Cingkrik. Jika kalian berkunjung ke sini, tak boleh ketinggalan untuk membeli bunga. Sebab kampung ini juga terkenal sebagai pusat penjualan bunga segar terbesar di ibu kota.

3. Kampung Si Pitung
Kampung Budaya Betawi
Rumah panggung peninggalan Si Pitung di Kampung Si Pitung.

Terakhir, ada Kampung Si Pitung yang terletak di daerah Cilincing. Meski Si Pitung yang terkenal sebagai Jawara Betawi tersebut lahir di Kampung Rawa Belong. Namun di Kampung Budaya Betawi di Cilincing inilah ia sempat tinggal.

Dari perjalanan itulah, makanya tempat ini diberi nama Kampung Si Pitung. Kampung Betawi ini hanya berupa rumah panggung megah yang terbuat dari ornamen kayu, bergaya arsitektur Bugis.

Silakan baca: Dua Museum di TMII, Wisata Edukasi bagi Anak-anak

Bangunan bersejarah tersebut memiliki ruangan seperti rumah pada umumnya. Terdapat ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, dapur, teras, dan serambi belakang. Desain interior bergaya klasik dan khas zaman dahulu. Sehingga pengunjung bisa merasakan vibes rumah Si Pitung sang Jawara Betawi.

Destinasi kampung wisata budaya Betawi ini setiap harinya buka dari pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 16.00 WIB. Alamatnya di Jalan Kampung Marunda Pulo, Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel