Tiga Belas Manfaat Yoga untuk Fisik dan Mental

yoga
Yoga. (sportzbusiness).*

 

Mempertahankan latihan yoga secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental.

 

BandungKlik – Berasal dari kata Sansekerta “yuji” yang berarti penyatuan, yoga adalah praktik kuno yang menyatukan pikiran dan tubuh. Ini menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi.

Praktik ini bisa dilakukan kapan saja apalagi saat luang atau waktu libur. Berikut tiga belas manfaat yoga dikutip dari Healthline.

1. Mengurangi stres

Yoga dikenal karena kemampuannya meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Beberapa penelitian menunjukkan praktik ini dapat menurunkan sekresi kortisol, hormon stres utama.

2. Meredakan kecemasan

Tidak sepenuhnya praktik ini dapat mengurangi gejala kecemasan. Namun, melakukannya dapat menemukan rasa damai yang dapat membantu mengobati kecemasan.

3. Mengurangi peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa “yuji” dapat mengurangi penanda inflamasi dalam tubuh dan membantu mencegah penyakit pro-inflamasi.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Praktik ini dapat memompa darah ke seluruh tubuh hingga memasok jaringan dengan nutrisi penting sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas hidup dan dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk beberapa kondisi.

6. Dapat melawan depresi

Melakukan yoga secara teratur dapat mengurangi gejala depresi dengan mempengaruhi produksi hormon stres dalam tubuh.

7. Mengurangi nyeri kronis

Praktik ini dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis dalam kondisi seperti carpal tunnel syndrome dan osteoartritis.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk telah dikaitkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan depresi. Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan yoga secara teratur.

9. Meningkatkan fleksibilitas dan kesimbangan

Banyak orang menambahkan yoga ke rutinitas kebugaran mereka untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

10. Membantu meningkatkan pernapasan

Oleh karena menggabungkan banyak latihan pernapasan, praktik yang tergolong sunyi ini dapat membantu meningkatkan pernapasan dan fungsi paru-paru.

11. Meredakan migrain

Secara tradisional, migrain diobati dengan obat-obatan untuk meredakan gejalanya. Namun, semakin banyak bukti bahwa yoga bisa menjadi terapi tambahan untuk membantu mengurangi frekuensi migrain.

12. Mempromosikan kebiasaan makan sehat

Bagi mereka yang memiliki dan tidak memiliki perilaku makan yang tidak teratur, berlatihlah mindfulness melalui yoga. Ini dapat membantu dalam pengembangan kebiasaan makan yang sehat.

13. Meningkatkan kekuatan

Selain meningkatkan fleksiblitas, “yuji” adalah tambahan yang baik untuk latihan rutin. Manfaatnya untuk membangun kekuatan. Faktanya, ada pose tertentu yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot. *

 

Silakan baca: 

Spa dan Retret Kesehatan Favorit di Bali

Spa Tradisional Indonesia dengan Aneka Rempah Alami