BandungKlik – British Museum adalah salah satu museum paling populer di dunia dan menyimpan banyak artefak menarik. Koleksinya boleh dibilang mencakup lebih dari dua juta tahun sejarah manusia.

Seperti tempat lama lainnya, museum di London, Inggris, ini juga memiliki beberapa rahasia dan fakta unik yang membuatnya istimewa.

Tertua di dunia

Ini merupakan museum publik nasional pertama yang pernah dibangun. British Museum dibuka pada 15 Januari 1759 dan kini tepat 263 tahun. Berarti, 20 tahun sebelum Museum Louvre yang bergengsi dibuka di Prancis.

Lahirkan British Library dan London’s Natural History Museum

Hingga saat ini British Museum menjadi rumah permanen lebih dari delapan juta artefak yang berasal dari setiap benua di dunia. Koleksinya pernah tumbuh terlampau besar sehingga memaksa pihak pengelola membuka situs terpisah di South Kensington untuk menampung spesimen sejarah alamnya. Situs ini dikenal sebagai Natural History hingga tahun 1992 berganti nama menjadi London’s Natural History Museum.

Fenomena pertumbuhan ini pun terjadi pada koleksi buku dan manuskrip yang melebihi kapasitas museum untuk menyediakan ruang untuk itu. Pada 1973 koleksi dipindahkan ke situs terpisah yang menjadi British Library.

Pameran paling populer Oxus Treasure, the Rosetta Stone, dan the Elgin Marbles

Harta Karun Oxus adalah pilihan pengerjaan logam yang ditemukan di tepi Sungai Oxus antara tahun 1877 – 1880. Koleksinya sekira 180 keping yang terbuat dari emas dan perak serta 200 koin. Harta karun ini telah bertahan sedari periode Persia Achaemenid.

Elgin Marbles atau Parthenon Marbles merupakan koleksi Patung Yunani abad pertengahan. Patung-patung dari marmer itu dibawa ke Inggris Raya pada awal 1800-an oleh Earl of Elgin yang mendapatkannya dari Kuil Parthenon di Athena.

Silakan baca: Acropolis Athena, Simbol Semangat dan Peradaban Klasik

Batu Rosetta berasal ditemukan di Rosetta, Mesir, pada 1799. Batu ini memiliki hieroglif kuno yang diukir di atasnya. Penemuannya berperan penting dalam penerjemahan tulisan Mesir Kuno.

Elgin Marbles. (guidelinestobritain).*

Penjaga terkenalnya seekor kucing

Salah satu fakta yang hadir di British Museum adalah tempat ini telah menjadi rumah bagi banyak kucing selama berabad-abad. Kucing-kucing berpatroli dari halaman hingga gerbang. Penjaga kucing paling terkenal di gerbang utama bernama Mike. Dia berpatroli dari tahun 1909 hingga 1929.

Bangunan berlistrik pertama di London

British Museum tercatat sebagai salah satu bangunan berlistrik pertama di London. Listrik tidak datang ke Inggris sampai akhir 1800-an. Sampai saat itu, satu-satunya penerangan yang tersedia untuk museum adalah cahaya alami. Pemerintah tidak menyetujui penggunaan lilin dan lampu minyak mengingat potensi bahaya kebakaran.

Terkenal di industri hiburan

Meskipun banyak orang yang belum melihatnya di kehidupan nyata, tetapi mungkin pernah menyaksikan keindahannya di berbagai film. Adegan film pertama yang pernah dibuat di museum ini adalah “The Wakefield Cause” pada 1921. Delapan tahun setelahnya ada “Blackmail”. Adegan mahakarya Hollywood antara lain “Day of the Jackal” pada 1973. Belakangan, museum ditampilkan dalam film global “Night at the Museum: Secret of the Tomb” pada 2014.

Tak semua tentang British Museum seperti yang terlihat

Khususnya pagar. Banyak orang berpikir pagar museum berwarna hitam. Sebenarnya, pagar dicat “hijau tak terlihat” alias invisible green. Cat ini dipopulerkan oleh seorang tukang kebun lanskap bernama Humphry Repton. Ini digunakan di sebagian besar pagar bangunan bersejarah di seluruh London. *

 

Silakan baca: Museo Atlantico, Museum Unik di Dasar Laut Lanzarote